Menwa dan Kader Bela Negara Binaan Kodim 0824 Demonstrasikan Ketrampilannya Usai Upacara Peringatan Bela Negara

Jember.               Usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 70 Tahun 2018 yang dilaksanakan pada Rabu 19/12/2018 Pukul 08.00 Wib di Alun Alun Jember dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif dilaksanakan Demonstrasi Ketrampilan Bela Negara oleh Kader Bela Negara dari siswa-siswi SMA dan Resimen Mahasiswa (Menwa).

Demonstrasi tersebut diantaranya  Baris Berbaris Kreasi oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Jember  dan SMA Negeri 1 Jember yang cukup memukau Wakil Bupati Jember dan hadirin sekalian yang telah mengikuti jalannya upacara  dan melihat aksi demonstrasi tersebut.

Kemudian kolone senapan oleh Resimen Mahasiswa  Politehnik Negeri Jember yang melaksanakan atraksi Baris Berbaris dengan Senjata Senapan M-16 dengan permainan pedang Komandan Satuan Menwa Politehnik Negeri Jember yang mengundang decak kagum dan  tepuk tangan hadirin yang menyaksikan.

Tidak kalah menariknya pada demonstrasi beladiri Yong Modo yang diperagakan oleh Menwa 848 Universitas Muhammadya Jember dipimpin oleh Komandan Satuan Muhammad Atok Maulana yang memperagakan kepiawaiannya melakukan gerakan perorangan maupun pertarungan, dimana sebagai tokohnya diperagakan oleh 2 orang perempuan yang mampu melumpuhkan perlwanan 3 orang laki-laki yang mengeroyok dirinya.

Usai kegiatan saat ditemui koordinator pelatih Kader Bela Negara dan Menwa sekaligus Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Sondah Krisyamto menyampaikan bahwa mereka aktif bersama Kodim 0824 Jember dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dasar sehingga kita pun mengarahkannya sesuai dengan ketentuan, terkait dengan bela diri, ketrampilan kolone senapan dan lain-lain yang diperagakan tadi baik dari Kader Bala Negara maupun dari adik-adik Menwa memang sebelumnya sudah kita persiapkan dengan latihan-latihan.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Arif Munawar terkait dengan demontrasi yang dilakukan tersebut menyampaikan bahwa Kader Bela Negara dan Menwa adalan bagian dari pembinaan Kodim 0824 mereka adalah bagian dari komponen masyarakat terlatih sebagai kompartemen pendukung pertahanan negara.

Sehingga pada diri mereka harus ada ketrampilan dan kemampuan diatas rata-rata rekan mereka lainnya seperti kader bela negara yang mengikuti pelatihan tentunya memiliki kemampuan lebih dibanding teman-temannya yang tidak mengikuti pelatihan, demikian halnya Resimen mahasiswa (Menwa), itulah tugas kita Kodim 0824 Jember dalam memberikan pembinaan baik ketrampilan dan karakter mereka sehingga benar-benar dapat diandalkan nantinya sebagai generasi bangsa dan Kader  Bela Negara. (sis24)

Hits: 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.