Karya Bakti TNI Dilakukan Koramil 0824/15 Bangsalsari Ajak Masyarakat Antisipasi Bencana Banjir

Jember.               Hujan lebat yang turun sepanjang hari pada (22/12/2018) kemarin memang sempat menjadikan Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten jember menjadi daerah terdampak banjir akibat luapan sungai yang melintas didesa tersebut.

Hal tersebut menjadikan Koramil 0824/15 Bangsalsari hari-hari belakangan ini selalu mengajak masyarakat untuk pembersihan setiap saluran air yang melintas dilingkungannya sehingga dapat dijamin arus air berjalan lancar dan tidak sampai terjadi penyumbatan.

Seperti yang dilakukan pada Sabtu 29/12/2018 Pukul 08.00 Wib dilksanakan Karya Bakti TNI dipimpin langsung oleh Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam (Batuud) Peltu Triyo Anggono dan 13 orang anggota Koramil bersama masyarakat yang berjumlah 37 orang dengan sasaran pembersihan dam Dsn Krajan B Desa Bangsalsari Kecamatan Bangsalksari kabupaten jember.

Dam tersebut merupakan sarana pembagi air untuk irigasi lahan sawah namun alirannya melintasi pemukiman warga masyarakat dan sering tersumbat oleh sampah sehingga meluap ke pekarangan dan kalau hujan turun secara terus menerus luapannya masuk kerumah warga. Kata Sunanto 37 Tahun warga setempat.

Kondisi tersebut dengan diinisiasi oleh TNI dari Koramil melalui Karya Bakti TNI seperti ini tentu saja kami sangat senang dan berterima kasih sehingga permasalahan banjir luapan dari sungai ini diharapkan tidak terjadi lagi.

Danramil 0824/15 Bangsalsari saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut sesuai dengan hasil koordinasi kami dengan Muspika dan seluruh Kepala Desa sebagai bagian dari langkah mitigasi dan mengantisipasi adanya bencana banjir saat hujan turun.

Tidak hanya itusaja kita Koramil 0824/15 Bangsalsari juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai atau kali yang ada disekitarnya sehingga alirannya terjaga keberseihan dan kelancanrannya, dan mengurng dampak banjir dilingkungan itu sendiri.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Koramil jajarannya termasuk seperti yang dilakukan oleh Koramil 0824/15 Bangsalsari yang melakukan langkah mitigasi bencana banjir.

Karena bencana itu merupakan bagian dari peringatan kepada kita semua untuk melakukan hal-hal yang lebih baik, untuk itu saya menghimBau kepada masyarakat semua untuk peduli kebersihan dan peduli lingkungan agar kita terhindar dari bencana. (sis24)

Hits: 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.