Tunggak Bayar Rekanan Sebesar 60 M, Bupati Jember Copot Ka.Dinkes Jember

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Nurul Qomariyah, resmi diberhentikan dari jabatannya sejak Kemarin, Rabu, 10 April 2019. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kabupaten Jember, Ir. Mirfano, dalam Jumpa persnya diruangan kerja Sekkab Jember, 11/4.

Sekkab Jember, Ir. Mirfano, Saat Memberikan Jumpa Persnya Terkait Pencopotan Ka. Dinkes Jember, 11/4

Kepada sejumlah wartawan, Mirfano mengungkapkan bahwa Kepala Dinas Kesehatan, dr. Nurul Qomariyah, telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan terhitung sejak kemarin, rabu, 10 April 2019, oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR. Hal ini diungkapkan oleh Mirfano, sebagai tindakan tegas dari Bupati Faida atas apa yang dilakukan oleh dr. Nurul Qomariyah saat menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, yaitu tidak membayar beberapa rekanan (kontraktor) dalam pembangunan Rehab Puskesmas Pembantu (Pustu), yang mengakibatkan Pemkab Jember mempunyai hutang kepada sejumlah rekanan sebanyak 60 Milyard dengan 200 item pekerjaan.

Tak hanya itu saja, Mirfano mengatakan bahwa Nurul juga melakukan 2 kesalahan yang fatal, dimana Nurul saat menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan telah mengeluarkan 2 Ijin belajar bagi 2 Dokter tanpa sepengetahuan Bupati Jember. Selain itu juga, melakukan pemotongan biaya perjalanan Dinas (SPPD) bagi staf Dinas Kesehatan yang melakukan perjalanan Dinas.

“Selain persoalan hutang belanja, ada dua kasus lain yang membuat bu Nurul dibebas tugaskan dari jabatannya, yaitu melakukan potongan perdin, dan menerbitkan SK sekolah untuk 2 dokter yang seharusnya diterbitkan oleh Bupati, ini yang tidak bisa di tolerir oleh Bupati, dan pembebas tugasan ini sudah sesuai prosedur,” tutur Mirfano.

Saat ditanya oleh wartawan, terkait hutang pada sejumlah rekanan “apakah menimbulkan kerugian negara ?”, Mirfano mengatak bahwa dari pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat Jember bahwa Tidak adanya kerugian Negara yang ditimbulkan dari yang bersangkutan.

Ditegaskan oleh Mirfano, bahwa Pemberhentian Ka. Dinkes Jember ini telah ditandatangani oleh Bupati Jember per tanggal 10 April, Hari Rabu. Dan yang bersangkutan telah dimutasi menjadi staf di Staf Ahli Bidang Perekonomian Kabupaten Jember.

“Jadi dengan pemberhentian tersebut, Bupati Jember telah menunjuk PLt. Sebagai gantinya”, pungkas Mirfano

Hits: 34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.