Perkuat Produk Lokal, Bupati Faida Segera Terbitkan Perbup Khusus Produk Lokal

Keinginan untuk menjadikan produk lokal Jember bisa menjadi tuan rumah didaerahnya sendiri, termasuk bisa juga bersaing dikancah Internasional. Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, Dalam dekat ini akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) soal pemasaran produk lokal untuk setiap pelaku usaha yang ada di Kabupaten Jember, tak terkecuali bagi para insvestasi-insvestasi baru yang akan beroperasioanal di Kabupaten Jember. 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Faida saat menyerahkan perijinan usaha bagi para pengusaha di Kabupaten Jember, 5/3. Sekitar 406 perijinan yang diserahkan ini, baik berupa perijinan baru maupun perpanjangan perijinan, yang dilakukan di Aula Pendopo Wahyawibawa Graha.

Bupati Faida secara tegas mengingatkan agar pelaku usaha di Jember mampu mengapresiasi dengan memasarkan atau menempatkan produk lokal di stand-stand khusus yang ada baik itu dihotel maupun ditempat-tempat hiburan. “Yang penting, produk lokal itu bisa diketahui, lebih-lebih bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga tamu-tamu yang datang mau membeli sebagai oleh-oleh atau souvenir”, jelasnya.
Bupati Faida menyampaikan dirinya berencana akan menerbitkan perbup produk lokal ini. Hal ini, lanjutnya, selain untuk menguatkan pelaku usaha dan UMKM di Jember,  juga memberikan ketegasan sekaligus perlindungan terhadap produk lokal. Terlebih ada program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2020 untuk mewujudkan Jember mandiri, kuat dan bersih.

“Perbup ini memberi ketegasan dalam melindungi produk lokal. Sehingga bisa menguatkan pelaku usaha dan UMKM yang ada di Jember,” tambah Faida.

Bupati Faida juga mengatakan, jangan sampai ada perhotelan, rumah makan atau bisnis lainnya yang tidak menggunakan produk lokal. “Saya minta ini menjadi perhatian yang serius bagi para pelaku usaha di Jember, entah itu berasnya, kopinya atau produk yang lain, karena kita hidup dan bermanfaat prioritasnya ada di wilayah lokal,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, ungkap Bupati Faida, bahwa Perbup ini akan memberi ketegasan sekaligus perlindungan terhadap produk lokal.

“Mudah-mudahan dengan penyerahan sertifikat perizinan ini bisa memberikan manfaat yang besar, karena diawali tanpa pungli dan Insyaallah nanti hasilnya akan baik,” pungkasnya.

Dari data yang ada, penyerahan sertifikat perizinan ini diberikan kepada sejumlah pengajuan ijin usaha baru berupa klinik, perhotelan, IMB dan sebagian besar lainnya  adalah perpanjangan ijin reklame tetap.

Hits: 53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.