Komisi VII DPR RI Didampingi Wabup Jember, Resmikan Pembangunan Sumur Bor Bantuan Kementrian ESDM

Sebagaimana kita ketahui bersama, air adalah kebutuhan paling penting di dalam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain yang ada di bumi ini. Sebab jika tidak ada air, bisa dipastikan sebuah kehidupan tidak akan bisa berjalan. 

Dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, Ka. Biro Umum Setjen Kementerian ESDM, Endang Sutisna, dan Anggota DPR RI Komisi VII, meresmikan penggunaan sumur bor yang dipusatkan di Desa Silo, Kecamatan Silo Kabupaten Jember, 12/2.

Dalam Acara tersebut, dikatakan oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, bahwa Pembangunan sumur bor ini menandakan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih, melalui pengeboran air tanah dalam, dimana beberapa daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya.

Adapun pembangunan sumur bor tahun anggaran 2018, ungkap Wabup, dilaksanakan pada beberapa kecamatan di Jember, yaitu :Desa Curah Kalong, Kec. Bangsalsari, Desa Pakusari, Kec. Pakusari, Desa Bintoro, Kec. Patrang, Desa Sempolan, Kec. Silo, Desa Silo, Kec. Silo, Desa Sukosari, Kec. Sukowono, Desa Jatiroto, Kec. Sumber Baru, Desa Randu Agung, Kec. Sumber Jambe, Desa Antirogo, Kec. Sumber Sari, Desa Selodakun, Kec. Tanggul, Desa Pondokrejo, Kec. Tempurejo, Desa Tempurejo, Kec. Tempurejo. 

Wabup, Kyai Muqit juga menyampaikan rasa terimakasihnya sebagai Wakil Bupati dan atas nama masyarakat Jember, khususnya masyarakat Silo, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk MCK dan memasak. Wabup, Kyai Muqit juga berpesan agar bantuan air bersih yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini dijaga dengan baik dan dimanfaatkan untuk kebutuhan bersama. “saya pesan kepada warga Silo, agar dimanfaatkan bersama-sama, Jangan berlebihan menggunakan air, sehingga semua bisa kebagian tanpa harus berebut dan antri”, ucapnya.

Sementara itu, dikatakan juga oleh Anggota Komisi VII Anggota DPR RI, Bambang Hariadi, bahwa dirinya bersama Kementrian ESDM sebagai Mitra, memberikan bantuan ini semata-mata merupakan program dari Pemerintah Pusat, yang dimana agar kehidupan masyarakat yang ada dipinggirkan benar-benar merasakan manfaat adari pembangunan. Tak hanya itu saja, Bambang Hariadi juga menyatakan bahwa dirinya sebagai putra daerah yang berasal dari Jember merasa terpanggil untu bersama-sama membangun Jember yang lebih baik. 

Ditambahkan oleh Ka. Biro Umum Setjen Kementrian ESDM, Endang Sutisna, bahwa Kementrian ESDM memberikan bantuan sumur bor ini dengan kapasitas kedalaman 110 sampai dengan140 meter, menggunakan pompa selang 3 PK, dengan menggunakan pembangkit listriknya mesin diesel kapasitas 12,5 KVA, yang mensuplai 5000 liter, dan mampu melayani 2600 jiwa. Endang juga mengingatkan seperti apa yang dikatakan oleh Wabup, agar tetap menjaga alat ini untuk kepentingan bersama, serta menafaatkan air dengan hemat sehingga semua masyarakat yang ada disekitar sumur bor ini bisa menggunakan secara merata.

Hits: 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.