Jamin Kesejahteraan Petani, Bupati Faida Beri Kredit Petani

Untuk memberikan dukungan kepada petani dalam mengelola dan mengembangkan pertanian. Kementrian Pertanian, BNI, dan Pemkab Jember akan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani.

Bupati Faida Melakukan Interaktif dengan para petani di Desa Jatisari, Jenggawah, 5/12

Hal ini dikatakan oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, saat melakukan Gerakan Mengawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019, di Desa Jatisari, Kecamatan Jenggawah, tadi siang, 5/12.

“Hari ini direalisasikan KUR untuk petani, dan ini baru pemanasan saja,” kata Bupati Faida.

Kegiatan gerakan mengawal musim tanam inj, menurut bupati, akan menjadi bukti petani juga punya akses dan mempunyai kesempatan terhadap lembaga keuangan seperti Perbankan.

Karena itu, Bupati Faida berharap gerakan ini menjadi gerakan massal, yang bisa mengangkat petani lebih sejahtera serta perbankan bisa lebih bermanfaat bagi petani.  Selain memberikan kredit melalui KUR, lanjut Faida, BNI juga telah menyalurkan dana corporate social responbility atau CSR kepada petani untuk pembangunan saluran irigasi dengan kegiatan padat karya tunai yang melibatkan sekitar 200 orang petani.

Lebih jauh Bupati Faida menegaskan dukungan untuk program inklusi keuangan oleh perbankan inj, karena sudah ada di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Jember. 

“Dan itu tidak banyak diketahui oleh petani. Jadi kita harus lebih dekat dengan mereka. Inklusi keuangan untuk pertanian akan diluaskan lagi, seperti untuk pupuk. Sudah waktunya meninggalkan cara-cara lama atau cara cash,” kata Bupati Faida. “Kita sudah jaman now, jadi kita gunakan pembayaran non cash. Petani juga berhak mengikuti kemajuan teknologi dan kemajuan pelayanan lembaga keuangan,” Imbuhnya.

Untuk pengembangan pertanian, Pemerintah Kabupaten Jember akan menyiapkan lahan tambahan. Selain itu, pemerintah daerah akan memberi bantuan bibit serta pelatihan pertanian.

Hits: 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.