Jamin Kehidupan Nelayan, Bupati Faida Serahkan 55 ribu Asnel dan Pelampung

Untuk menjamin keselamatan para nelayan di Kabupaten Jember. Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, kembali membagikan asusransi nelayan (AsNel), tak hanya asruansi, namun juga diserahkan alat keselamatan berupa pelampung penyelamat bagi nelayan. Kali ini, sebanyak 55.000 asuransi dan pelampung penyelamat kepada para nelayan diwilayah pantai watu ulo dan pantai payangan, Kecamatan Ambulu.

Bupati Faida foto bersama nelayan yang menerima bantuan di watu ulo, Ambulu, 9/12.

Penyerahan tersebut dilakukan dipinggir pantai Watu Ulo, yang dihadiri juga oleh Plt. Kadis. Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabupaten Jember, Drs. Murtadlo, Camat Ambulu, Sutarman, dan sejumlah pejabat lainnya, termasuk Muspika Kecamatan Ambulu, 9/12.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis kepada 12 orang penerima, termasuk keluarga Nelayan dan anak-anak Nelayan. Dalam pidatonya, Bupati Faida menegaskan bahwa pemberian bantuan untuk nelayan ini, yang berupa Asuransi Nelayan dan Pelampung Penyelamat tersebut, merupakan perhatian serius kepada kehidupan masyarakat nelayan di Kabupaten Jember. 

Dikatakan juga oleh Bupati Faida, bahwa meski Jember sebagai lumbung ikan tangkapan di Jawa Timur, yang itu merupakan hasil kerja keras daripada para nelayan yang ada diwilayah pesisir. Namun, diakuinya, kehidupan para nelayan ini masih jauh dari perhatian pemerintah secara serius. Untuk itu, ungkap Bupati Faida, langkah hari ini merupakan langkah awal dari Pemkab Jember untuk menjamin kehidupan para nelayan dan keluarganya.

“Kalo jadi pegawai, mungkin bisa jadi berangkat pagi, sore sudah pulang kerumah. Akan tetapi, bagaimana kalo seorang nelayan yang berangkat melaut. Coba bayangkan..Pastinya, mereka akan berangkat dengan penuh was-was. Sore belum tentu pulang. Bisa jadi berminggu-minggu, bahkan bisa jadi harus bertaruh nyawa ditengah lautan”, tegasnya.

Begitu berbahayanya sebagai nelayan, maka Bupati Faida telah meminta kepada Dinas KKP Jember untuk bersinergi dengan pihak asuransi agar bisa memberikan jaminan kepada nelayan. “Untuk itu, asuransi ini minimal bisa memberikan jaminan kepada para nelayan untuk melaut nantinya. Tolong, pelampungnya dipakai. Jangan dijual ya pak. Pelampung itu diberikan kepada nelayan untuk keselamatan dilaut. Dan itu sesuai dengan standart yabg telah ada”, pinta Faida.

Faida juga menjelaskan dalam kongres nelayan tadi, bahwa di Kecamatan Ambulu ini juga akan dibangun cold storage, akan tetapi masih disiapkan sarana dan prasarananya, karena mengingat biaya yang begitu besar untuk pembangunan tersebut. “Saya berencana akan membangun cold storage disini (Ambulu.red). Akan saya sinergikan dengan pemerintah pusat karena biayanya yang begitu besar”, pungkasnya.

Hits: 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.