Bupati Faida, “FWLM, Silahkan Dampingi OPD

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., meminta Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) agar bisa membantu pemerintah dalam pemberian informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat sesuai fakta. Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, saat menerima audensi dengan para pelaku media, di Tamyaloka, Pendopo Wahyawibawa Graha, 1/2. 

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Faida, meminta wartawan sebagai mitra pemberitaan juga berperan dalam pendampingian bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui apa-apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

Meski demikian, lanjut Bupati, wartawan tetap dengan idealismenya dalam menyampaikan informasi secara aktual yang didasarkan pada data yang dimilikinya. “Tulislah kebenaran, kritik pemerintah jika memang itu diperlukan”, tuturnya.

Terkait pemberitaan, Bupati Faida, meminta agar setiap pemberitaan wartawan bisa menyajikan informasi yang akurat, sehingga masyarakat tidak mendapatkan pemeberitaan yang simpang siur.

“FWLM, Silahkan menggali informasi masing-masing OPD ini, sesuai dengan kapasitas dan keahliannya apa,” ujar perempuan Bupati pertama di Jember ini.

Dengan demikian, ungkapnya, pemberitaan OPD lebih mudah didapat masyarakat dan masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi. 

“Sajikan saja informasi itu apa adanya”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua FWLM, Ihya Ulumiddin menegaskan bahwa FWLM siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk ikut membangun Kabupaten Jember tercinta.

“Kita ingin membangun Jember dari karya jurnalistik kita. Kita juga ingin memberikan hal positif, edukatif, dan informatif, serta bisa menginformasikan potensi Jember di Indonesia bahkan dunia,” kata pria yang akrab dipanggil Udik ini.

Udik yang didampingi sejumlah pengurus lainnya menjelaskan sejarah terbentuknya FWLM, yang berawal dari sejumlah aktifitas liputan bersama berbagai media di Jember. Forum ini berupaya untuk membentuk wartawan yang profesional dan mengubah pandangan terhadap wartawan.

Ditambahkan juga oleh Ketua Ombudsman FWLM, Gangsar Widodo bahwa forum memiliki tujuan baik untuk menciptakan kualitas jurnalistik yang mumpuni pada seluruh anggota.

Karena itu, ungkal Gangsar, forum siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk menginformasikan program-program pemerintah. “Forum juga siap mengedukasi masyarakat melalui berita yang sehat dan akurat,” terang Pimpidan Redaksi Fakta Jember ini.

Hits: 43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.