20 Anggota Polres Jember, Eks. Brimob, Lakukan Tabur Bunga dan Doa Bersama di Monumen Perjuangan Polisi Istimewa, Palagan Jumerto

Sekitar 20 personil Polres Jember, yang merupakan mantan personil Brigade Mobil (Brimob) melakukan tabur bunga dan doa bersama di areal Monumen Palagan Jumerto, Kecamatan Patrang.
Tak terkecuali, Kapolsek Arjasa, AKP. Pol. Eko Basuki TA, dan Kapolsek Umbulsari, AKP. Pol. Sunarto.

Para anggota Polres Jember, Eks. Brimob, Foto bersama didepan Monumen Palagan Jumerto, 16/11

Palagan Jumerto sendiri merupakan monumen bersejarah bagi para personil Brimob diseluruh Indonesia. Dimana, ditempat itulah pada saat perjuangan Bangsa Indonesia, banyak dari anggota Polisi Istimewa (Brimob saat ini. Red) melakukan pertempuran melawan penjajah Belanda. Sekitar 20 anggota Polisi Istimewa pada saat pertempuran tersebut yang gugur sebagai Pejuang untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Republik Indonesia yang ke 73. Para personil eks. Brimob yang saat ini bertugas dijajaran Polres Jember mengadakan upacara tabur bunga dan penghormatan kepada para peraonil Brimob yang telah gugur saat itu di palagan Jumerto, 16/11.

Dipimpin langsung oleh Paguyuban Mantan anggota Brimob, Ipda. Pol. Agus Idham, yang saat ini bertugas sebagai Kasi. Propam Polres Jember.
Disampaikan oleh Agus Idham, bahwa momentum ini dimanfaatkan oleh para anggota Polres Jember, yang dulunya adalah anggota Brimob untuk mengenang kegagahan para pahlawan dari anggota Polisi Istimewa saat melawan Belanda. Tak hanya itu, Agus Idham berharap dengan adanya bisa memberikan edukasi bagi warga sekitar monumen palagan untuk tetap menjaga dan merawat sebagai monumen kebanggan warga kelurahan Jumerto. Terkhusus lagi, ungkapnya, bisa memberikan contoh dan tauladan bagi generasi muda untuk tetap menghargai, mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dimedan pertempuran, sekaligus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik dan positif.
“Kami hanya ingin memberikan gambaran bahwa beliau-beliau ini pernah ada dan telah memberikan nyawa dan darahnya untuk Bangsa ini. Sudah seharusnya, kita sebagai generasi penerus untuk tetap menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat bagi semua”, ungkapnya.

Kasie. Propam Polres Jember, IPDA Pol. Agus Idham, selaku Ketua Paguyuban Anggota Polres Jember, Eks. Brimob

Sementara itu, Kapolsek Arjasa, AKP. Pol. Eko Basuki TA, juga menyampaikan bahwa bagian dari kami, anggota Kepolisian Republik Indonesia untuk mendidik masyarakat dan pemuda, agar selalu mencintai Bangsa dan Negara ini, yang telah diperjuangkan melalui banyak nyawa, darah, dan tenaga. “Ini adalah bagian bagi kita untuk mengajak sekaligus memberi contoh sebagai generasi penerus untuk tetap cinta pada tanah air Indonesia”, jelasnya. 

Eko Basuki juga mengatakan rangkaian peringatan Hari Brimob ke 73 ini juga akan dilanjutkan dengan pemberian tali asih yang akan diserahkan langsung oleh Waka. Polres Jember kepada Dhuafa dan anak yatim. “Direncanakan acara pemberian tali asih ini akan dilakukan dipendopo Kelurahan Jumerto, nanti malam. Dan yang menyerahkan adalah Waka. Polres Jember. Kita ingin menunjukkan bahwa Polisi akan selalu ada untuk masyarakat”, pungkasnya. (Mbah_teguh)

Hits: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.