Koramil 0824/14 Panti Karya Bakti TNI Bantu Masyarakat Bersihkan Sungai

Jember.               Pada jum’at 12/10/2018 Pukul 07.00 Wib bertempat di Dsn Plindu Ds Suci Kecamatanpanti Kabupaten Jember dilaksanakan karya Bakti TNI Koramil 0824/14 Panti dengan sasaran pembersihan aliran sungat irigasi bersama masyarakat setempat.

Terlibat dalam Karya Bakti TNI tersebut diantaranya Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno bersama 11 orang anggotanya, Polsek Panti 4 orang, Perangkat desa 2 orang dan masyarakat sebanyak 33 orang.

Menurut M Salim Kepala Desa Suci  Kondisi sungai yang mengalami pendangkalan dan banyak terdapat sampah dedaunan kering mengakibatrkan aliran airnya kurang optimal baik untuk kebutuhan irigasi sawah sekaligus berpengaruh pada sumber air sumur warga yang juga ikut berkurang.

Kondisi tersebut akhirnya mendapat respon dari Koramil 0824/14 Panti untuk dilakukan karya bakti TNI ini sehingga memotivasi masyarakat untuk ikut melaksankan pembersihan aliran air sungai tersebut.

Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno usai kegiatan saat diwawancarai menyampaikan bahwa wilayah Koramil Panti terutama Desa Suici ini merupakan bagian dari daerah ketinggian yang pada musim kemarau seperti sekarang ini mengalami kesulitan air baik untuk rumah tangga maupun untuk irigasi, sehingga kita tergerak untuk melakukan berbagai upaya termasuk pembersihan aliran air sungai ini tadi.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya terkait kegiatan jajarannya tersebut mengapresiasi upaya dengan dilakukan karya bakti TNI tersebut sebagai bagian dari program yang harus selalu dilakukan oleh Koramil jajarannya sekaligus membantu kesulitan masyarakat terhadap kebutuhan air.

Menurut Letkol Inf Arif Munawar wilayah Kabupaten Jember dibagian sisi utara dari timur ke barat memang merupakan daerah dataran tinggi dan lereng gunung sehingga pada setiap musim kemarau seperti sekarng ini kendala yang dialami memang rata-rata krisis air bersih maupun air irigasi yang hanya mengandalkan sumber air, sehingga perlu berbagai upaya dari semua pihak termasuk melaksanakan karya bakti TNI memebersihkan aliran air sungai seperti yang dilakukan oleh Koramil 0824/14 Panti tersebut. (sis24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.