Kegiatan Lanjutan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Kodim 0824 Jember

Jember.               Hari ini Selasa 25/12/2018 merupakan hari ke 3 penanggulangan bencana alam diwilayah Kabupaten Jember dimana titik konsentrasinya dilakukan di 2  Kecamatan yaitu di Kecamatan Sumberbaru yaitu lokasi pasca tanah longsor di Dusun Pasirian Desa Kaliglagah dan pasca banjir Desa Sumberagung.

Sedangkan di Kecamatan Kencong dampak dari tanggul jebol lebar 60 meter tepatnya di Dusun Ponjen Kec Kencong  yang hingga saat ini masih merendam sebagian besar pemukiman masyarakat dan lahan pertanian diantaranya di  Dsn Ponjen Desa Kencong,  Ds. Wonorejo,  Ds. Kraton, Ds.Paseban bahkan di Dsn Panggul Melati Ds. Kepanjen Kec Gumukmas, sebagian pengungsi sudah kembali kerumah masing-masing namun sebagian masih menetap di tenda pengungsian.

Kegiatan penanggulangan pada hari ke 3 ini di wilayah Kec Sumberbaru dipimpin oleh Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno dengan personel dari Yonif Raider 515/9/2 Kostrad sebanyak 25 orang dpimpin Danton 1 Ki B Lettu Inf Tri Indra, Pasukan Kodim 0824 sebanyak 25 orang, Karang Taruna Ds Karang Bayat 10 orang dan masyarakat 35 orang dengan sasaran pembersihan lumpur  pasca longsor yang menutupi jalan dan pembuatan jembatan darurat.

Untuk dilokasi banjir akibat luapan sungai di Desa Sumberagung Kec Sumberbaru saat ini air sudah surut dan masyarakat sudah beraktifitas seperti biasa.

 Penanggulangan Bencana Banjir di Kecamatan Kencong pada hari ini Personel  Koramil 0824/18 Kencong  12 orang dipimpin oleh Danramil Kapten Cba Beteng Irianto  bersama Personel Kodim 0824 sebanyak 20 orang, Yonif Raider 515/9/2 Kostrad 30 orang, BPBD Jember,  Basarnas, relawan, Perangkat Desa terdampak turun ke lapangan untuk melakukan pengecekkan rumah-rumah sekaligus pengamanan rumah yang ditinggalkan serta membagikan bantuan logistik berupa makanan kepada masyarakat yang tidak mau mengungsi dan yang berada di tenda pengungsian.                

Kemudian untuk di Dsn Tegal Gebang Desa Sukorejo Kec Bangsalsari dengan dipimpin Danramil 0824/15 Kapten Arm Hendra Faizar personel dari TNI anggota Kodim 0824 sebanyak 20 orang, Perangkat desa dan masyarakat sekitar 65 orang kegiatan pemasangan geronjong setebal 3 meter, tinggi 2 meter dan panjang 11 meter pada tanggul jebol  terkikis air dan pembenahan dapur Bu Tun hancur akibat banjir.

Di Desa Glundengan Kec Wuluhan dipimpin Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto  personel  Koramil sebanyak 15 orang beserta perangkat desa dan 47 warga masyarakat melakukan pembersihan rumah dari lumpur pasca banjir.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar disela-sela mengikuti Patroli Bersama Kapolres Jember menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mengikuti Karya bakti TNI dalam rangka menanggulangi pasca bencana di Kec. Sumberbaru dan banjir bandang di Kec Kencong.

Untuk saat ini konsentrasi kita memang pada penanggulangan  bencana dan pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, untuk itu Kodim 0824 Jember akan melaksanakan upaya penanggulangan bencana tersebut hingga masyarakat setempat dapat beraktifitas normal kembali sekaligus memback up pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Terkait perkuatan personel  kita tidak khawatir karena di Jember ini ada satuan jajaran Brigif 9/2 Kostrad, Armed 8/105 Tarik, Secaba dan lain-lain selaku Dansub Garnisun Kodim 0824 Jember dapat mengajukan permohonan  bantuan perkuatan kepada satuan tetangga tersebut, seperti sekarang ini kita dibantu oleh Personel Yonif Raider 515 untuk penanggulangan bencana pasca longsor di Kec Sumberbaru, untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada Danyon Raider 515/9/2 Kostrad atas bantuannya . Pungkas Letkol Inf Arif Munawar.(sis24)

Hits: 40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.