Kasdim 0824 Hadiri Acara Penyerahan Bantuan Program “Bekerja” Oleh Bupati Jember

Jember.                               Bertempat di lapangan Desa Plalangan Kec Kalisat Kabupaten Jember pada Rabu 26/09/2018 Pukul 07.00 Wib dilaksanakan acara penyerahan bantuan masyarakat dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari kementrian Pertanian RI.

Bantuan yang diserahkan berupa  paket bantuan 300 sak pakan dan 7.500 ekor ayam kepada 150 rumah tangga miskin

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Bupati Jember dr Hj Faida MMR,  Mewakili Kementan RI Direktur Kesehatan Hewan selaku Pj. Program Bekerja Prov. Jawa Timur Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD, Penanggung jawab program “Bekerja” Kab. Jember Drh. Agung Suganda, Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak, Danramil 0824/03 Kalisat kapten Cba Mujoli dan Muspika serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya penanggung jawab program Bekerja Kabupaten Jember Drh. Agung Suganda mengatakan, program Bekerja sebagai upaya mendukung penanggulangan kemiskinan dan implementasi Peraturan Presiden nomor 96 tahun 2015 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemerintah memberikan paket bantuan berupa pakan, ayam, dan obat-obatan kepada rumah tangga miskin yang tersebar di 10 provinsi.

Sebelumnya telah menyerahkan bantuan kambing 10 ekor dan ayam 2.000 ekor di Desa Sukogidri dan Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Hasil monitoring tanggal 30 Agustus 2018, telah membuahkan hasil banyak ayam yang sudah bertelur, bahkan 1 ekor kambing telah beranak.

Selanjutnya Direktur Kesehatan Hewan selaku Pj. Program Bekerja Prov. Jawa Timur Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD yang mewakili Kementan menyampaikan, program Bekerja Kementan yang telah diverifikasi oleh pemerintah Kabupaten Jember ditetapkan sebanyak 12.698 RTM yang layak menerima bantuan.

Di lapangan Desa Plalangan Kalisat ini, penyerahan paket bantuan pemerintah terdiri dari kandang, pakan, dan ayam kepada 150 RTM .“Diharapakan semua dapat bekerja keras. Kerjasama dan saling bahu membahu di seluruh tahapan program Bekerja di Kabupaten Jember dapat berjalan sesuai harapan sehingga membantu meningkatkan pendapatan RTM dan menurunkan angka kemiskinan,” jelasnya.

“Bantuan yang diberikan untuk yang berhak, bukan yang meminta,” terang dr, Hj Faida MMR dalam sambutannya. Kreteria rumah tangga penerima bantuan diantaranya memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp. 600 ribu. Program yang berasal dari Kementeria Pertanian ini harus berjalan baik dan sukses. Bahkan dr, Hj Faida MMR berpesan agar masyarakat penerima bantuan merawat ayam sebaik-baiknya sehingga berhasil guna secara optimal.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan tersebut menyampaikan permohonan maafnya tidak dapat hadir karena ada kegiatan dinas ke Surabaya, sehingga kehadirannya diwakilkan kepada Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak.

Pada intinya kita Kodim 0824 Jember sangat mendukung Program-program pemerintah apalagi program pengentasan kemiskinan seperti “Bekerja” ini. Karena pertahanan wilayah sebagai bagian dari pertahanan negara akan semakin mantap apabila masyarakat didaerah tersebut sejahtera.

Bahkan beberapa program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Jember ini dalam menverifikasi data kemiskinannya melibatkan Babinsa untuk membantu mendatangi dari rumah ke rumah sehingga bantuan tersebut benar-benar tersalurkan kepada mereka yang benar-benar berhak mendapatkannya. Tegasnya.(sis24)

 

Hits: 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.