Kasdam V/Brw Buka Dikmaba TA 2018

Jember.                                Bertempat dilapangan hitam Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar Jember pada Selasa 02/10/2018 Pukul  08.00 Wib dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Tahun Anggaran 2018.

Pendidikan Pertama Bintara adalah pendidikan dasar pembentukan para generasi muda yang lolos dalam seleksi perekrutan Bintara TNI AD wilayah Kodam V/Brw Tahun Anggara (TA) 2018. Dalam seleksi perekrutan Bintara yang diikuti oleh sekitar 4800 lebih pemuda lulusan SMA atau yang sederajat tersebut diterima  220 orang untuk mengikuti pendidikan yang dibuka hari ini.

Hadir dalam Pembukaan Dikmaba TA. 2018 tersebut diantaranya Kasdam V/Brw Brigjen TNI Widodo Iryansyah, Aspers Kasdam V/Brw Kolonel Inf Lukman Hakim,   Danrindam V/Brw Kolonel Inf Dendi Suryadi, Waasops Kasdam V/Brw Letkol Inf Fadli Mulyono, Waasintel Kasdam V/Brw Letkol Inf Imam Haryadi, Kasbrigif Raider 9/2 Kostrad Letkol Inf Rudianto, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar serta para Komandan/Kepala Satuan TNI AD yang ada di Kabupaten Jember.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kasdam V/Brw Brigjen TNI Widodo Iryansyah yang membacakan amanat tertulis Pangdam V/Brw Mayjen TNI Arif Rahman. Sebelum membacakan amanat tertulis Brigjen TNI Widodo Iryansyah menyampaikan permohonan maaf Pangdam V/Brw yang tidak dapat hadir sendiri karena ada kegiatan dinas yang tidak dapat ditinggalkan sehingga diwakilkan kepada saya.

Dalam amanat tertulis Pangdam V/Brw pada intinya menyampaikan bahwa pada pembukaan Pendidikan Pertama Bintara ini, saya selaku Pangdam V/Brawijaya  mengucapkan “selamat” kepada seluruh siswa yang telah terpilih mengikuti pendidikan ini. Saya berharap kebulatan tekad kalian untuk menjadi prajurit TNI AD akan selalu mewarnai semangat kalian dalam pendidikan. Dengan begitu apapun materi latihan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

Menjadi seorang prajurit TNI AD pada hakekatnya, merupakan suatu kehormatan dan panggilan sekaligus sebagai kebanggaan, karena tidak semua orang dapat diterima dan lulus  sebagai prajurit. Kalian telah melalui betapa sulitnya untuk diterima dan mengikuti pendidikan yang mana harus melewati tahapan seleksi yang berat dan ketat.

Hal yang paling mendasar dalam pendidikan ini adalah untuk merubah sikap, prilaku  dari sipil menjadi prajurit, oleh karena itu segera menyesuaikan diri dengan kehidupan prajurit, karena dunia kemiliteran selalu diwarnai dengan sikap disiplin, tertib, bertanggung jawab, loyalitas, tegas, berani, disertai kehormatan diri yang tinggi.

Sadarilah, bahwa mulai hari ini, kalian telah berubah menjadi calon prajurit yang tentunya memiliki konsekuensi tersendiri. Kalian telah terikat dengan peraturan disiplin militer, ketentuan hukum dan norma-norma yang berlaku di lingkungan TNI AD. Pada akhir sambutan tertulisnya Pangdam V/Brw mengucapkan selamat belajar dan berlatih, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mem-berikan petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian.

Acara diakhiri dengan ramah tamah Mayjen TNI Widodo Iryansyah bersama para tamu undangan yang hadir di Aula PB Sudirman  Secaba Rindam V/Brw kemudian menuju Bandara Noto Hadinegoro  untuk kembali ke Surabaya. (sis24)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.