Kapendam V/Brw Didampingi Dandim 0824 Jember Jadi Narasumber Sinkronisasi dan Toleransi Sosial Se Wilayah Bakorwil V Jember.

Jember.               Pada Senin 01/10/2018 Pukul 09.00 Wib bertempat di Aula Kantor Badan Koordinasi Wilayah V Jember yang terletak di Jl Kalimantan 42 Jember dilaksanakan rapat Sinkronisasi dan Fasilitasi Penyelenggaraan Toleransi Sosial Sewilayah Kerja Bakorwil V Jember.

Wilayah kerja Bakorwil V diantaranya Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan mengambil thema ” Dengan Semangat Kepahlawan kita Tumbuhkan Jiwa Patriotisme Dalam Membangun Jati Diri Bangsa “.

Hadir pada kesempatan tersebut sebagai narasumber diantaranya Kapendam V/Brw Kolonel Inf Singgih Pambudi Arianto, Kolonel Purn Suryadi Setiawan, Ibu Irama Devita SH .M.Kn.(Cucu  dari Pahlawan Jember Mochamad Sroedji ), Bpk H.Iksan ( Saksi Sejarah ).

Undangan lain yang hadir diantaranya Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Perwakilan dari Kodim, Polres  dan Kabupaten Jajaran Wilayah Bakorwil V, Kolonel Purn Giman Supriyatna Penasehat Pepabri Jember, dan para ketua dan pengurus organisasi Purnawirawan TNI,  Ketua dan Pengurus DPK ’45 Jember serta Pemuda Panca Marga dan FKPPI Jember berjumlah 150 orang.

Ketua Bakorwil V Tjahjo Widodo dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan bahwa  Kalau orang lndonesia pasti jati dirinya adalah orang indonesia. orang tua kita mengatakan  Indonesia akan jaya selama – lamanya kalau kita bisa menjaga bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia,  Sebelum saya mengakhiri  sambutan ini, saya ingin mengajak bapak/ibu sekalian menyayikan  lagu Indonesia Tanah Air Beta bersama-sama. Kemudian  pernyataan dibukannya Singkronisasi dan Fasilitasi Toleransi Sosial Sewilayah Bakorwil V Jember.

Acara yang dimoderatori oleh  H Iksan tersebut memberikan kesempatan kepada Ibu Irama Devita (Cucu  dari Mochamad Sroedji ) dengan materi  ” Menggali Jiwa Semangat  dan Nilai – Nilai Kepahlawanan Letkol Mochamad Soerdji “.

Kemudian memberikan kesempatan berikutnya kepada Kolonel Inf Singgih Pambudi Arianto S.Ip ( Kepala Penerangan KodamV/Brawijaya) dengan materi ” Peranan Militer Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia  di Era Revormasi “. sekaligus memaparkan bagaimana peran TNI saat sekarang ini dan apa dimensi ancaman Bangsa Indonesia saat ini dan masa yang akan datang.

Kemudian dilakukan tanya jawab dengan peserta dan pada intinya hasil dari pertemuan tersebut diharapkan kita sebagai generasi penerus mampu mewarisi nilai dan semabgan kejuangan para pahlawan yang telah memerdekaan Bangsa Indonesia dari penjajaran Belanda.

Peserta berharap poerhatian lebih dari aparatur pemerintahan saat ini terhadap penanaman nilai-nilai kejuangan kepada generasi muda, agar tidak melupakan sejarah bangsa, sekaligus secara para sesepuh pejuang dan organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan yang dinaungi para sesepuh tersebut sehingga mampu lebih berperan dalam pembangunan.

Sebelum acara berakhir Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang menyampaikan beberapa langkah yang sudah diambil teramasuk sudah dilaksanakannya Program Satu Sekolah Satu TNI bersinergi dengan Pemkab Jember dengan kegiatan penanaman Kedisiplinan, Wawasan Kebangsaan dan Pembentukan karakter, bahkan Kecintaan Terhadap Tanah Air yang dilandasi dengan kecintaan terhadap produk-produk lokal. (sis24)

 

 

 

 

Hits: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.