Bupati Jember Serahkan Paket Bantuan Dari Program Bekerja, Dandim 0824 Perintahkan Jajaran Agar Bantu Mengawasi Sehingga Program Tersebut Berdaya Guna Jangka Panjang

Jember.                               Setelah melaksanakan pemberian bantuan bagi 150 KK rumah tangga miskin di Kecamatan Kalisat, hari ini Kamis 27/09/2018 Pukul 08.00 Wib Bupati Jember kembali menyerahkan paket Bantuan dari Program “Bekerja” (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) kepada 300 KK (Kepala Keluarga) Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Gumukmas.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Jember dr Hj Faida MMR,  Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Sampak mewakili Dandim 0824,   Direktur Kesehatan Hewan selaku penanggung jawab Program Bekerja Provinsi Jawa Timur Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD mewakili Kementrian Pertanian RI, penanggungjawab program Bekerja Kabupaten Jember, Agung Suganda, Muspika setempat dan masyarakat penerima bantuan.

Dalam sambutannya selaku penanggungjawab program Bekerja Kabupaten Jember  Agung Suganda menyampaikan  jumlah ayam yang diturunkan di Kabupaten Jember yaitu sekitar  634.900 ayam usia 4 minggu serta pakan langsung jadi.

Masyarakat di harapkan dapat menjaga ayam dengan baik. Tujuan program ini supaya masyarakat memperoleh sumber protein dari hewani, serta mendapat pendapatan jika sudah waktunya dijual khususnya ayam jantan. Satu KK RTM mendapatkan 50 ekor ayam, 2 karung pakan, serta paket vitamin.

Agung Suganda menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Kabupaten Jember yang telah menyiapkan dan mendukung program Bekerja kementerian pertanian. “Ini suatu sinergi yang luar biasa antara pemerintah daerah dengan pusat,” pungkasnya.

Selanjutnya Direktur Kesehatan Hewan selaku penanggung jawab Program Bekerja Provinsi Jawa Timur Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD menyampaikan, pada program lanjutan hari ini akan menyerahkan bantuan kepada 425 RTM.

Jumlah itu terbagi dua kecamatan, yaitu Gumukmas dan Kalisat. Di Desa Gambiran, Kalisat, ada 125 dari target 373 RTM. Sedang di Desa Menampu ada 200 dari target 577 RTM. Dan di Desa Karangrejo 100 dari target 289 RTM

Sementara itu Bupati Jember dalam Sambutannya menyampaikan bantuan diberikan kepada  200 rumah tangga miskin (RTM) di Desa Menampu dan 100 RTM di Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas. Kegiatan penyaluran di masing-masing balai desa.

Bantuan yang diberikan berupa kandang ayam, ayam, pakan ayam, vitamin, dan disinfektan. Penyaluran di dua desa ini kelanjutan penyaluran perdana yang berlangsung di Kecamatan Kalisat.

Bupati Faida menyampaikan, kurang lebih 12.600 keluarga miskin di Kabupaten Jember mendapatkan program ayam ini.

Bupati Faida menjelaskan bahwa satu keluarga mendapat 50 ekor ayam. Serta pakan untuk 5 bulan, vitamin serta kandang

Bupati Faida berkesempatan mengunjungi rumah salah satu warga yang menerima bantuan program pemerintah pusat ini.

Warga ini tinggal berdua dengan cucunya yang difabel. Keluarga ini juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember. Bantuan-bantuan itu diharapkan membantu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bupati Faida mengajak serta masyarakat untuk saling tolong menolong dan gotong royong. “Bagaimana masyarakat kita yang miskin tidak selamanya menjadi miskin, dan yang masih mampu bekerja dapat tertolong dengan program kerja ini dan lebih mandiri,” tutur Bupati Faida.

Jika program ini berhasil, lanjut Bupati Faida, maka dapat dilakukan penambahan pendistribusian. “Jika ini berhasil, kita akan tandem dengan anggaran pusat dan APBD Kabupaten Jember untuk lebih banyak lagi yang ikut program Bekerja,” ungkapnya.

Untuk memastikan itu, maka akan ada survei lanjutan. Survey juga untuk memastikan peberima bantuan masih berstatus masyarakat miskin, yaitu penghasilan keluarga di bawah Rp. 600 ribu.

Menyikapi kegiatan tersebut sudah duakali pendistribusian paket bantuan Bekerja ini Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar tidak dapat hadir mendampingi Bupati Jember karena sedang ada kegiatan dinas ke Suraba hingga saat di belum dapat kembali ke Jember, untuk itu pada kesempatan ini saya menjyampaikan salam hormat dan permohonan maaf kepada Bupati Jember dan para tanu undangan lainnya.

Terkait dengan kegiatan Bantuan Program Berkerja tersebut merupakan program yang patut kita dukung karena melalui program tersebut masyarakat diajak untuk bersama-0sama berihktiar untuk meningkatkan kesejahteraan melalui beternak ayam petelur, kambing dan lain-lain, untuk itu saya sudah perintahkan kepada Babinsa untuk membantu mendampingi dan mengawasi sehingga bantuan tersebut dapat berdaya guna secara jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat. (sis24)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.