Babinsa Pecoro Koramil 0824/13 Rambipuji Bersama PPL Bantu Petani Atasi Hama Wereng

Jember.               Pada Jum’at 12/10/2018 Pukul 07.00 Wib bertempat dilahan kelompok tani Ngudi Rejeki Dusun Kandangan Desa Pecoro Kec Rambipuji Kabupaten Jember dilaksanakan penanggulangan hama wereng dengan melakukan penyemprotan.

Hadir pada penanggulangan hama terebut diantaranya Babinsa Desa Pecoro Kopka Sugiyan, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Budi S,  Babinsa Kaliwining Kopka Hariyanto dan Babinsa Gugut Serka Cumat Ketua Kelompok Tani Riyadi dan perwakilan anggota kelompok tani sebanyak 11 orang.

Pada kesempatan tersebut  Budi S memberikan arahan tehnis pencampuran obat-obatan yang dipakai dan tata cara penyemprotan yang benar kepada par petani agar penanggulangannya optimal dan benar-benar membasmi habis hama wereng yang mulai menyerangan sebagian tanamannya.

Mewakili petani Riyadi Ketua Kelompok Tani Ngudi Rejeki dalam keterangannya menyampaikan terima  kasih dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa bersama PPL yang selalu akti turun kelapangan seperti ini sangat membantu baik tehnis maupun operasional petani dalam mengelola lahan pertanian dari pengolahan lahan hingga panen.

Bahkan dalam penanggulangan hama seperti inipun kami petani mendapat arahan tehnis dan dibantu oleh bapak TNI yaitu Babinsa bersama PPL ini tentu lebih memotovasi petani untuk bertani lebih giat dan lebih baik lagi.

Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Endro Bawono KH membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut dalam rangka menanggulangi serangan hama wereng yang mulai menyerang sebagian lahan pertanian diwilayah Kec Rambipuji, bahkan Babinsa lain juga saya perintahkan hadir sekaligus menimba pengetahuan untuk penanggulangan wereng sehingga disaat diwilayah desanya ada yang terserang hama serupa dapat memabantu mengatasinya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya menyampaikan bahwa kondisi pertanian diwilayah Rambipuji dan wilayah jember bagian selatan lainnya saat ini memang pada masa pertumbuhan awal yaitu usia 10-30 hari yang rentan dengan serangan hama.

Untuk itu saya sangat mengapresiasi langkah cepat Babinsa bersama PPL yang aktif turun kelapangan membantu penanggulangan hama tersebut sebelum meluas, untuk itu kepada Babinsa jajaran hendaknya aktif berkoordinasi dengan petani untuk bersama-sama mengantisipasi gangguan-gangguan hama pertanian secara dini sehingga tidak meluas den menjadi kendala produksi pertanian untuk  musim tanam Oktober 2018-Maret 2019.  Kata Letkol Inf Arif Munawar.(sis24)

 

Hits: 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.