Babinsa Gugut Kormil 0824/13 Rambipuji Kerjabakti Bersihkan Dam Bersama Pok Tani Optimalkan Irigasi Pertanian

Jember.         Bertempat disaluran Dam Tapen di Dsn Krajan Desa Gugut Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dilaksanakan kerjabakti Kelompok Tani Sentosa dipimpin Ketua Poktani Kholirul Iskak bersama Ketua HIPPA dengan sasaran pembersihan Dam Tapen.

Dam Tapen merupakan salah satu pembagi air irigasi yang mengairi sawah seluas 33 hektar di desa Gugut dan sekitarnya mengalami pendangkalan dan suplay airnya kurang optimal di musim kemarau seperti sekarng ini sehingga perlu adanya langkah pembersihan agar dapat berfungsi lkebih baik lagi.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Babinsa Sertu Cumat bersama 2 orang anggota Koramil, Ketua Himpinan Petani Pemakai Air (HIPPA) Setia Karya yang merangkap sebagai ketua Pok Tani Sentosa Khoirul Iskak, Petugas Dinas Pengairan Yofi S bersama 3 orang star pengairan UPT Rambipuji dan 30 orang anggota Pok Tani Sentosa.

Menurut Yofi S kondisi Dam Tapen ini memang sudah waktunya untuk dibersihkan karena kondisinya banyak kotoran dan mengalami pendangkalan, sehingga perannya sebagai pembagi air kurang optimal apalagi seperti sekarang ini suplay air berkurang dimusimn kemarau.

Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Endro Bawono KH membenarkan adanya kegiatan 3 orang annotanya tersebut untuk membantu pembersihan Dam Tapen,  hal tersebut untuk mengoptimalkan upaya yang dilakukan oleh kelompok tani sehingga kondisi Dam tersebut dapat kembali berfungsi dengan baik dalam membagi air irigasi untuk persawahan petani.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi upaya dan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Koramil jajarannya hingga membantu pembersihan saluran irigasi untuk memperlancar irigasi sehingga produksi pertanian diwilayah tersebut tidak mengalami kendala.

Disamping itu menghadapi musim kemarau ini Kodim 0824 beserta jajarannya juga mensiagakan pompa air dan alat mesin pertanian lainnya untuk mengantisipasi berbagai kendala utamanya kendala kekurangan pasokan air dapat dilakukan pembuatan sumur-sumur sehingga dalam menyuplai air irigasi dapat menggunakan pompa air. Pungkas Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.