Usai Upacara HUT TNI Ke 73 Bupati Jember Buka Pameran Alutsista Sebagai Bagian Dari Jember Army Festival

Jember.               Usai menjadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke 73 Bupati Jember dr Hj Faida MMR didampingi oleh Danbrigif Raider 9/2 Kostrad serta Dandim 0824 dan para Komandan/Kepala Satuan TNI AD se Kabupaten Jember membuka pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) disisi timur Alun Alun Jember.

Pameran Alutsista yang memamerkan prasarana  organik jajaran Brigif Raider 9/2 Kostrad, alat komunikasi, senjata ringan baik yang type lama maupun type terbaru, pakaian tempur serta berbagai atribut dinas lainnya bahkan di gerai luar juga di sajikan berbagai produk UMKM dari Kabupaten Jember.

dalam wawancaranya Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR  menyampaikan bahwa Kabupaten Jember bisa dibilang kota prajurit, Karena, terdapat  12 kesatuan di Jember sehingga lebih dari 3.500 prajurit yang ada di Kabupaten  Jember. Untuk itu dalam peringatan HUT TNI ke 73, Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan TNI, menyelenggarakan Jember Army Festival yang di persembahkan untuk masyarakat.

Dalam Jember army festival, dapat menjadi edukasi, meneladani pahlawan Jember, Letkol Muhammad Sroedji dalam pertempuran 1949, Bupati Faida mengatakan hal ini perlu di sosialisasikan kepada anak-anak pelajar, santri serta mahasiswa, kita membuat pameran alutsista modern dan tradisional, dari senjata-senjata tradisional masyarakat kita,  termasuk cikar dulu yang di gunakan untuk mengangkut logistik di dalam pertempuran untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan.

Dr Hj Faida MMR  mengaku sangat senang, karena siswa-siswa pramuka, para santri serta mahasiswa, sangat menikmati peringatan hari ini, “memang hari ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi sejatinya untuk masyarakat, menunjukkan profesionalisme TNI memang untuk rakyat,”dr. Hj Faida MMR  berharap, kegiatan-kegiatan TNI tidak di persepsikan sebagai kegiatan yang tertutup dan ekslusif.

TNI juga bisa membuat suatu kegiatan destinasi wisata edukasi di Kabupaten Jember ,  imbuh Bupati, serta army festival akan di selenggarakan sebagai featival tahunan, bekerjasama dengan TNI untuk melayani masyarakat sebagai wisata edukasi

Komandan Brigif 9/Kostrad Jember Kolonel Inf Roby Suryadi menyampaikan bahwa Jember adalah kabupaten pahalwan, karena sebenarnya banyak pahlawan-pahlawan di temukan di Kabupaten Jember, sehingga masyarakat Jember memiliki  jiwa-jiwa ksatria, jiwa-jiwa patriot danberharap patriot pemimpin bangsa kedepan ialah berasal dari Jember.

Kolonel Inf Roby Suryadi  mengatakan salah satu contoh pemimpin dari Jember ialah Letkol M. Sroedji, tokoh masyarakat yang berjuang demi tegaknya NKRI yang patut kita kenang dan kita teladani perjuangannya dalam mempertahankan Kemerdekaan NKRI.

Menyikapi Pameran Alutsista tersebut Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan bahwa dengan pameran ini ada dua sisi yang kita tonjolkan yaitu wujud pertanggungjawaban kita kepada masyarakat  karena alat-alat tersebut merupakan alat atau sarana organik TNI yang pengadaannya menggunakan dana dari negara yang bersumber dari masyarakat, dan yang kedua merupakan upaya dari TNI untuk lebih mendekatkan diri bersama rakyat karean TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat. (sis24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.