Upacara HUT TNI Ke 73 Kabupaten Jember Dengan Parade Dan Devile

Jember.             Bertempat di Alun Alun Kota Jember pada Jum’at 05/10/2018 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Upacara Kebesaran HUT TNI Ke 73 Dengan Inspektur Upacara Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR melibatkan Seluruh Satuan TNI AD yang ada di Kabupaten Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, Komandan Brigif Raider 9/2 Kostrad Kolonel Inf Robby Suryadi, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Waka Polres Jember Kompol Bagus Ikhwan C, Danyon Armed 8/105 Tarik Mayor Arm Fedian Primadona, Dansecaba Rindam V/Brw Letkol Inf Ahmad Fauzi, Danyon Raider 509/9/2 Kostrad Letkol Inf Laode M Nurdin, Danyon Raider 514/9/2 Kostrad Letkol Inf Nopid Arif, Danyonif Raider 515/9/2 Kostrad Letkol Inf Syafrudin.

Juga hadir Karumkit TK III Jember Letkol Ckm dr Maksum Pandelima dan para Komandan/Kepala Satuan TNI AD yang ada di Kabupaten Jember,  Para Kepala Dinas  serta Muspika Se Kabupaten Jember. Tampak dideretan tenda tamu sebelah kiri Inspektur Upacara  para  Persit Kartika Chandra Kirana dari Cabang 38 Kodim 0824 dan Jajaran Brigif Raider 9/2 Kostrad serta Para veteran dan purnawirawan TNI.

Bupati Jember selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang pada intinya mengajak kita semua untuk mendo’akan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di segenap daerah di tanah air diantaranya di Palu dan Donggala serta daerah daerah lainnya.

TNI dengan sekuat tenaga akan membantu pemulihan daerah daerah yang terkena musibah bencana tersebut  dengan mengirimkan personel maupun alutsista sebagai bentuk Profesionalisme TNI, oleh karenanya sangat tepat dalam HUT TNI ke 73 ini mengambil thema “Profesionalitas TNI Untuk Rakyat” .

Profesionalisme TNI diwujudkan dalam bentuk operasi,  kegiatan-kegiatan dan latihan-latihan dalam menjalankan tugas pokoknya  yaitu menegakan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman  dan gangguan.

Sebagai alat negara tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dimasa depan yang semakin kompleks. Perkembangan politik, ekonomni dan tehnologi global telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru. Krisis ekonomi diikuti dengan ketegangan percatruran politik global membawa ketidak pastiandalam menjangka prospek masa depan. Bahkan kemajuan tehnologipun membawa dampak disruptif dibidang informatika, siber, komunikasi, transportasi, biomolekular, militer, ruang angkasa dan sebagainya.

Dalam Operasi Militer Selain Perang TNI juga terlibat dalam pengamanan Pemilu dan dalam Pemilu TNI terus berkomitmen untuk menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Kesuksesan pengamanan Pemilu sebelunmya menjadikan pijakan dalam pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2019 dengan tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa  serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI.

Upacara dengan pasukan dari SSK (Satuan Setingkat Kompi)  Kodim 0824, SSK Brigif Raider 9/2 Kostrad, SSK Yonif Raider 509/9/2 Kostrad, SSK Yonir Raider 514/9/2 Kostrad, SSK Yonif Raider 515/9/2 Kostrad serta SSK Yon Armed 8/105 Tarik , usai upacara dilaksanakan Drama Kolosal, demontrasi double stick, survival makan ular dan mematahkan beton, Pemotongan Tumpeng  serta parade Pasukan Upacara dan defile alutsista utamanya kendaraan baik kendaraan Babinsa, kendaraan taktis Raider dan lain-lainnya.

Menyikapi HUT TNI Ke 73 usai menjadi Irup Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR mengaku sangat senang, karena siswa-siswa pramuka, para santri serta mahasiswa, sangat menikmati peringatan hari ini,”memang hari ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi sejatinya untuk masyarakat, menunjukkan profesionalisme TNI memang untuk rakyat,”Bupati Faida berharap, kegiatan-kegiatan TNI tidak di persepsikan sebagai kegiatan yang tertutup dan ekslusif.

Sementara itu Komandan Brigif 9/2 Kostrad Jember  Kolonel Inf  Robby Suryadi  menyatakan bahwa Tantangan TNI kedepan, sesuai dengan amanat, tidak hanya perang konvensional, lebih bagaimana menyikapi, memelihara, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, hanya untuk pengabdian terhadap Bangsa dan Negara, bersama dengan rakyat.

Sementara itu Letkol Inf Arif Munawar Komandan Kodim 0824 Jember selaku Dansub Garnisun di Kabupaten Jember saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan semua pihak dengan terselenggaranya kegiatan HUT TNI Ke 73 ini dengan baik dan lancar.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa  TNI sebagai alat pertahanan negara  harus senantiasa meningkatkan profesionalitasnya dalam menghadapi berbagai kompleksitas tugas dikaitkan dengan dimensi ancaman global di era digital seperti sekarang ini, bahkan seperti yang diamanatkan dalam thema HUT  TNI bahwa “Profesionalitas TNI Untuk Rakyat” karena TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat. (sis24)

 

 

Hits: 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.