Drama Kolosal Perjuangan Letkol Moch Sroedji Oleh Teater Gunung Spikul Warnai Peringatan HUT TNI Ke 73 Di Kabupaten Jember.

Jember.       Setelah dilaksankannya Upacara Peringatan HUT TNI Ke 73 sejenak Inspektur Upacara dan tamu undangan disuguhi pertunjukkan drama kolosal perjuangan Letkol Moch Sroeji pahlawan dari Jember yang berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Drama Kolosal yang dibawakan oleh Siswa-siswi SMAN Pakusari Jember yang tergabung dalam teater Gunung Spikul tersebut mengisahkan perjuangan Letkol Moch Sroedji yang berjuang melawan penjajahan Belanda pada sekitar tahun 1949.

Diceritakan Letkol Moch Sroedji yang memimpin Brigade Damarwulan pada saat bergerilya mendirikan pos di Ds Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari  Kabupaten Jember  merupakan tokoh yang dicari-cari oleh penjajah Belanda karena pasukannya berkali-kali melakukan perlawanan terhadap pasukan penjajah Belanda.

Hingga disuatu hari pos persembunyian gerilya Letkol Moch Sroedji diketemukan oleh Belanda dan dilakukan penculikan dan pembunuhan oleh Belanda, taman seperjuangannya dr. Soebandi pun tidak lepas dari berondongan peluru saat berupaya membela Letkol Moch Sroedji.

Akhirnnya pertempuranpun tak terelakkan saat pasukan Letkol Moch Sroedji mengetahui kebengisan Belanda saat membunuh Letkol Moch Sroedji dalam pertempuran tersebut Belanda berhasil membawa kabur dan menyeret Letkol Moch Sroedji menggunakan jeep kendaraan perangnya hingga di Alun Alun Jember.

Melihat sepintas drama yang dibawakan oleh teater Gunung Spikul tersebut tamu dan undangan larut dalam kepedihan hingga meneteskan air mata demikian pula Bupati Jember dan para purnawirawan pun ikut terlarut dalam cerita tersebut.

Menyikapi pertunjukkan drama kolosal tersebut Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan bahwa cerita tersebut bukti nyata perjuangan seorang Pahlawan Letkol Moch Sroeji, beliau adalah pejuang pembela kemerdekaan saat agresi Belanda ke II tahun 1949.

Seabagai pewaris perjuangannya kita generasi muda harus mengenal, mengenang dan mewarisi jiwa perjuangan Letkol Moch Sroedji yang rela berkorban jiwa raganya demi ibu pertiwi, sehingga dengan pertunjukan drama kolosal tersebut diharapkan generasi muda semangat berjuang sesuai bidangnya masing-masing yang pelajar belajar yang baik, yang  pegawai atau pekerja bekerja yang baik dan lain-lain, mari kita darma baktikan jiwa dan raga kita sesuai bidang tugas kita masing-masing  dalam mengisi kemerdekaan demi kejayaan NKRI.(sis24) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.