Jember Information Center

Wujudkan Kondusifitas Desanya, Babinsa Karangsono Koramil Bangsalsari Komsos Bersama Warga

 

 

JEMBER – Berbagai macam upaya yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Mewujudkan kondusifitas diwilayahnya, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Karangsono Serka Lukas yang melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga masyarakat di Desa Binaannya.

Komsos yang dilakukan pada Selasa 10/12/2019 tersebut dilakukan dengan cara cangkrukan (nongkrong) sambil ngopi bersama  dirumah Imam Budi 47 tahun salah satu tokoh masyarakat, yang beralamat di Dusun Curah Keting Desa Karangsono Kec Bangsalsai Kab Jember.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tiga Pilar Desa diantaranya Babinsa Sertu Lukas, Bhabinkamtibmas Bripka Adib S, Nasir (tokoh pemuda) serta 30 orang lainnya, pada kesempatan tersebut topik yang dibahas sekitar upaya mewujudkan keamanan lingkungan, karena akhir-akhir ini banyak terjadi pencurian disekitar desa tersebut

Pada kesempatan tersebut Babinsa mengajak warga masyarakat untuk lebih aktif melakukan sistem keamanan lingkungan (siskamling), diatur bergiliran jaga malamnya, dilakukan patroli sesuai cakupan wilayah siskamling tersebut, kalau tingkat RT kita patroli diseluruh wilayah RT, kalau tingkat RW di lakukan patroli ditingkat RW dan seterusnya

Lebih lanjut Babinsa menyempaikan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan sekitar kita, kalau ada hal-hal yang menonjol misalnya ada pencurian dan tertangkap, tangani dengan baik, jangan main hakim sendiri dan informasikan segera kepada Kelapa Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, apapun kejadiannya tolong diinformasikan kepada tiga pilar desa tersebut.

Menyikapi hal tersebut Komandan Koramil 0824/15 Bangsalsari Kapten Arm Hendra Faizar saat diwawancarai menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan tugas yang harus dilakukan oleh Babinsa bersama tiga pilar lain didesanya, yang utama dalam.menjalankanntugas pembinaan teritorial adalah mampu mewujudkan situasi kondusif diwilayah binaannya.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai terkait kegiatan tersebut menerangkan, bahwa keberadaan Babinsa ditingkat desa sebagai pelaksana Pembinaan Teritorial, termasuk melalui komsos tersebut, dalam rangka mewujudkan keamanan, ketentraman serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apalagi dengan model cangkrukan seperti itu tentunya saya sangat mendukung sekali untuk lebih mengakrabkan suasananya.

Melaui komsos tersebutlah berbagai hal dibicarakan bersama Tiga Pilar dengan masyarakat dalam meyerap aspirasi dan meberikan informasi, termasuk masalah keamanan lingkungan yang menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi, dalam mewujudkan ketentraman dan kesejahteraan masyarakat didesa binaannya. Kata Komandan Kodim 0824/Jember terebut. (Siswandi)

 

 

 

Hits: 51

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: