Jember Information Center

Warga Dapat Menjalani Isolasi Mandiri Dirumah, Babinsa Bersama Pihak Terkait Pasang Tanda Guna Mudahkan Pantauan Petugas

 

 

JEMBER – Tingginya jumlah orang yang baru pulang dari luar kota, mempengaruhi meningkatnya angka orang dalam resiko (ODR), orang dalam pengawasan (ODP) dan seterusnya, untuk itu penekanan kepada aparatur ditingkat bawah agar melakukan pencermatan dengan jeli dilingkungannya, sehingga tidak kecolongan, bahkan melibatkan pihak RT maupun RW untuk melaporkan apabila ada warganya yang baru pulang dari luar kota.

Bagi orang dari luar kota yang tidak memiliki gejala batuk, pilek dan suhu tubuh dibawah 37 derajat celcius, diberikan tanda gelang kuning dan diwajibkan menjalani karantina mandiri dirumah selama 14 hari,  selama karantina mandiri tersebut tetap dilakukan pemantauan olah petugas, baik langsung maupun tidk langsung terkait kedisiplinan yang bersangkutan dalam menjalani isolasi mandiri tesebut.

Seperti yang dilakukan oleh Petugas terkait di Desa Kepanjen Kec Gumukmas pada Kamis 30/04/2020,  guna memudahkan pemantauan oleh petugas, rumah-rumah yang menjadi tempat isolasi mandiri tersebut oleh petugas dilakukan pemasangan tanda, bahwa rumah tersebut sebagai rumah isolasi mandiri, yang berarti ada penghuninya yang harus menjalani isolasi, guna memutus rantai penularan covid 19 di Kabupaten Jember.

Petugas yang melakukan pemasangan tanda dirumah-rumah isolasi tersebut diantaranya Wakil Ketua Satgas Covid 19 Desa Kepanjen  H. Muhamad Muklas,  Babinsa Desa Kepanjen Serka I Made K,  Bhabinkamtibmas Bripka Amin Taufik, Satpol PP dan 3 orang  Petugas kesehatan Puskesmas Gumukmas.

Menyikapi hal tersebut, Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa bersama pihak terkait diwilayah desa,  sebagai bagian dari upaya mendukung tugas percepatan penanganan covid 19 ini, yaitu berupa pemasangan tanda dirumah –rumah yang menjadi rumah isolasi mandiri.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan yang dilakukan tersebut menyampaikan, bahwa upaya seperti ini dalam rangka memudahkan pengawasan, mereka yang dihimbau untuk isolasi mandiri harus benar-benar melaksanakannya dengan baik, kalau tidak mereka akan kita jemput paksa untuk kita karantina di Jember Sport Garden (JSG) yang merupakan pusat karantina di Kabupaten Jember.

Pada masa seperti sekarang ini kita harus berlaku tegas,  karena kita sudah berupaya melalui langkah-langkah persuasif sejak beberapa minggu kemarin, dan kalau memang masih ada yang memabandel, merugikan upaya percepatan penanganan, bahkan meresahkan warga masyarakat disekitarnya,  baru kita lakukan penjemputan paksa untuk diserahkan ke JSG tersebut, sebagai bagian dari upaya percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Jember.  Kata Dandim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

 

Hits: 42

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: