Jember Information Center

Upaya Muspika Rambipuji Cegah Meluasnya Penularan Covid 19, Lakukan Screening Terhadap Santri Yang Dipulangkan

 

 

JEMBER – Bertempat di Pondok Pesantren Annuriyah Desa Kaliwining Kec Rambipuji Kab Jember pada Senin 06/04/2020 dilaksanakan screening terhadap 130 santriwan dan santriwati yang akan dipulangkan kerumahnya, dalam rangka liburan jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Hadir pada kegiatan screening tersebut diantaranya Camat Rambipuji Satuki, Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Ismianto dan Kapolsek Rambipuji yang diwakili oleh Iptu Johanes Heru, masing-masing datang bersama 2 orang anggotanya, kemudian juga hadir Personel Puskesmas Rambipuji sebanyak 4 orang.

Menurut Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Ismianto saat kami konfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memutus rantai penularan covid 19, kita bersama jajaran Muspika beserta pihak terkait melkukan upaya-upaya seperti ini, kemudian penyemprotan disinfecktan di kantor-kantor, pasar, tempat ibadah dan rumah-rumah warga, sekaligus mensosialisasikan prosedur kewaspadaan kepada masyarakat.

Ini kita lakukan kepada santri yang akan pulang kerumahnya, mereka juga kita arahkan agar sesampai dirumah mengisolasi diri selama 14 hari, menjaga jarak dengan orang lain (phisycal distancing), kemudian rajin mencuci tangan dengan benar, meskipun dalam screening hari ini mereka semua tidak ada yang masuk kategori orang dalam resiko (ODR) maupun orang dalam pemantauan (ODP), karena mereka semua sehat tidak ada gejala batuk pilek, kemudian rata-rata suhu tubuhnya dibawah 38 derajat, namun prosedur tersebut harus tetap dilakukan.

Disamping pencgecekkan suhu tubuh, pendataan, juga dilakukan penyemprotan disinfecktan, kemudian mereka kita berikan pemahaman seperti ini, harapannya pemahaman yang telah didapat ini juga disampaikan kepada orang tuanya dan saudara-saudaranya, sehingga benar-benar mampu memutus rantai penularan covid 19. Kata Kapten Inf Ismianto.

Kemudian KH Nurussholeh sebagai pengaasuh Pondok Pesantren Annuriyah, yang juga minta dilakukan screening bersama pengurusnya saat kami konfirmasi menyampaikan terima kasih, kepada Muspika sebagai wakil Pemerintah yang hadir dalam situasi seperti ini, kita hanya bisa mendo’akan semoga kita semua dengan ihtiar yang telah dilakukan seperti ini,  selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari bahaya penularan covid 19 ini oleh Allah SWT.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi keseriusan semua jajaran dalam melakukan  upaya bersama-sama mencegah meluasnya penularan covid 19 ini.

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, sehingga dapat hadir ditengah-tengah masyarakat dalam melakukan upaya-upaya pencegahan seperti ini, yang semata-mata demi keselamatan masyarakat. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

 

 

Hits: 385

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: