Upaya Komandan kodim 0824/Jember Dalam Mewujud Situasi Kondusif Sekitar Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019

JEMBER – Pada pelaksanaan pemungutan suara Pemihan Kepala Desa (Pilkadea) Serentak 2019 tahap-I ini, dilaksanakan di 45 desa yang teesebar di 7 kecamatan wilayah Jember bagian Timur, dengan tingkat kerawanan yang beragam.

Dibanding dengan proses  Pemilihan Umum lainnya, Pilkades memiliki  tingkat kerawanannya lebih tinggi, suhu kantestasinya lebih tinggi, karena panitia, calon kepala desa dan pemilihnya merupakan masyarakat desa tersebut, sehingga sangat rawan pergesekkan antar pendukung, dalam lingkup wilayah desa tersebut.

Terkait hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, saat kami wawancarai menyampaikan bahwa kita sudah melakukan upaya-upaya cipta kondisi sebelum dilakukannya pilkades terebut, dengan besilaturahmi kepada tokoh masyarakat maupun tokoh agama untuk memohon doa dan restunya agar Pilkades Serentak ini dapat berjalan dengan sejuk, aman dan kondusif.

Dari monitoring yang kita lalukan tadi bersama Forkopimda lainnya kita yakinkan masyarakat, kita himbau masyarakat bahkan para calon kepala desa juga kita rangkul semua, untuk mewujudkan suasana kondusif dalam Pilkades ini, apabila dipandang ada permasalahan pada proses Pilkades ini tolong serahkan penanganannya kepada pihak berwajib.

Termasuk aparat keamanan, kita juga memerintahkan kepada seluruh jajaran aparat keamanan yang bertugas untuk melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, jalin komunikasi dan koordinasi antar aparat keamanan yang bertugas apabila terjadi permasalahan dilapangan, laksanakan tugas pengamanan dengan baik dan pedomani netralitas TNI, tetap Semangat. Tegas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

 

 

 

Hits: 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.