Jember Information Center

Tutup Tahun 2019 Jember KLB Hepatitis A, Puskesmas Silo Turun Tangan Gandeng Babinsa  Sosialisasikan Bahaya Penyakit Hepatitis A

 

 

JEMBER – Pada medio tutup tahun 2019 yang lalu berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Jember penyebaran penyakit Hepatitis A sejak 16 November 2019  hingga 25 Desember 2019 sebanyak 217 kasus, dan sesuai monitoring diberbagai rumah sakit tingkat penderitanya selalu ada dan mengalami peningkatan dalam setiap harinya, sehingga Kabupaten Jember dinyatakan Kondisi Luar Biasa (KLB) Hepatitis A, bahkan hingga saat inipun masih banyak penderita keluar masuk rumah-sakit.

Penyakit hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang menyebar/menular melalui fecal-oral (melalui makanan/minuman yang tercemar hepatitis A, biasanya ditularkan oleh lalat yang menghinggapi tinja penderita hepatitis A. Ciri-ciri penderita hepatitis A biasanya diikuti dengan demam yang tinggi, lesu dan lelah, mual dan muntah, tidak nafsu makan, mata dan pangkal kuku berwarna kuning serta air kencing berwarna teh pekat.

Bupati Jember, dr. Faida, MMR menghimbau agar masyarakat segera memeriksakan kesehatannya jika menemui tanda-tanda dan gejala hepatitis A, serta turut menjaga kebersihan lingkungan, menjaga makanan dan minuman serta memberlakukan pola hidup sehat, hingga menginstruksikan Puskesmas untuk turun ke Lapangan melakukan sosialisasi-sosialisasi.

Seperti yang dilakukan oleh Puksesmas Silo pada Rabu 15/01/2020 Pukul 08.00 Wib, bersinergi dengan Koramil 0824/07 Silo untuk melaksanakan sosialisasi-sosialisasi terhadap siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Silo, disamping dr Adi S bersama 3 orang Perawat Puskesmas Silo, tampak Camat Silo Nunung Agus Andriyanto, Anggota Koramil 0824/07 Silo 3 orang dipimpin Serka Syaiful Haqi yang turut serta pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Sasaran sosialisasi adalah siswa-siswi agar membiasakan hidup bersih, cuci tangan kalau mau makan, dan lain-lain, demikian pula kepada  para penjual makanan disekitar sekolah agar lebih bersih dan sehat dalam menual makanan bagi anak-anak sekolah.   dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah yang sehat. Kemudian buang air bersih di jamban yang memenuhi standar kesehatan, dibudayakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, sebelum memasak dan menghidangkan makanan, setelah buang air besar dan kecil dan berbagai kegiatan.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut sesuai koordinasi dengan saya kemarin  Kepala Puskesmas meminta agar ada aparat dari Koramil yang ikut mendampingi, saya pun semestinya ingin mengikuti kegiatan tersebut, namun karena ada kegiatan di Kodim 0824/Jember, sehingga saya perintahkan 3 orang untuk melakukan pendampingan.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin manyatakan ikut prihatin terhadap adanya KLB Hepatitis A tersebut, untuk itu saya sangat mendukung dilibatkannya Babinsa dalam sosialisasi oleh Puskesmas tersebut, sebagai bagian dari tugas aparat kewilayahan dalam membantu Pemerintah Daerah.

Untuk itu pada kesempatan ini saya turut menghimbau kepada masyarakat Jember untuk membiasakan diri kita, anak-anak kita untuk hidup lebih bersih, konsumsi makanan sehat, biasakan buang sampah dan buang air di jamban, serta jaga kebersihan lingkungan kita, sehingga kita selalu sehat, karena sehat itu mahal. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 64

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: