Jember Information Center

Turun Ke Lokasi Longsor, Personel Kodim 0824/Jember Karya Bakti TNI Pasang Bronjong Bersama Relawan dan Masyarakat

 

 

JEMBER – Pasca bencana banjir bandang yang yang terjadi pada Sabtu 01/02/2020 dan berdampak pada putusnya  jalan desa sepanjang 20 meter dan mengikis badan jalan yang sekaligus sebagai tebing sungai Jompo (dikenal dengan Kali Jompo) sepanjang 70 meter, di Desa Klungkung Kec Sukorambi Kab Jember.

Sesuai dengan komitmen Komandan Kodim 0824/Jember yang akan menurunkan personel TNI sebanya 60-100  orang, pada Senin 03/02/2020 saat kami cek ke lokasi terdapat personel TNI yang sedang melaksanakan Karya Bakti TNI bersama relawan dan masyaarakat, sebanyak 60 orang, masyarakat sekitar 60 orang, Tim Tehnis dari Dinas Pekerjaan Umum 10 orang dan relawan sekitar 30 orang sedang mengerjakan  pemasangan bronjong.

Menurur Tim Tehnis dari  Dinas Pekerjaan Umum yang tidak mau disebutkan namanya,  dengan kondisi medannya kita memang kesulitan memasukkan alat berat ke aliran sungai, baru pagi ini kita bisa menurunkan alat berat tersebut melalui tanggul sungai yang ditumbuhi bambu, karena alat berat ini disamping untuk meratakan daerah yang dipasang bronjong, juga untuk mengalihkan aliran sehingga tidak mengganggu pengerjaan bronjong.

Demikian pula Komandan Koramil 0824/14 Panti Kapten Inf Sondah Krisyamto yang memimpin Karya Bakti TNI tersebut, kita pagi tadi memang banyak personel TNI ada 120 personel, namun karena bagian pengerjaan bronjong ini belum dapat dilakukan maka kita alihkan untuk mengerjakan jalan alternatif dan pembersihan puing-puing batang kayu pasca terbawa banjir, sehingga yang tadi  pembersihan kita pulangkan dan sisanya setengah kekuatan kita ajak untuk mengerjakan bronjong ini.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin yang sedang melaksanakan dinas luar ke Jakarta saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa arahan saya kepada staf maupun danramil setempat memang secepat mungkin harus kita kerjakan proses pemasangan bronjong ini, sesuai target waktu dari Pemerintah Kabupaten Jember memang 5 hari kerja.

Hari ini memasuki hari ke 2 memang kesulitan memasukkan alat berat, namun dengan telah masuknya alat berat tersebut, dalam waktu berapa jam saja sudah mencapai 25%, saya kira kalau kita TNI, Masyarakat dan relawan kompak bergotong royong pasti dapat kita selesaikan sesuai target waktu. Kata Komandan Kodim 0824/Jember.

Untuk itu melalui kesempatan ini saya sangat mengapresiasi dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Tim dari Dinas Pekerjaan Umum, Badang Penanggulangan Bencana, TNI, Polri dn relawan yang terpadu dalam mengerjakan dampak pasca banjir bandang tersebut, Pungkas Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 13

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: