Tinggal Teken Presiden Perekrutan Guru Jalur PPPK

Guru yang akan mengikuti seleksi melalui jalur P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Seleksi jalur P3K ini tinggal menunggu Peraturan Pemerintah yang tidak lama lagi segera diteken Presiden Joko Widodo. Informasi ini juga sempat didapat Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Bupati Faida menjelaskan, jika Peraturan Pemerintah tentang P3K sudah ditetapkan, guru negeri juga dapat direkrut dengan pola P3K. 

“Pola P3K ini juga harus melalui formasi dan dilakukan dengan test untuk menjamin terdapatnya guru yang bermutu,” ujar Bupati Faida.  Bupati Faida berharap, Peraturan Pemerintah ini bisa ditandatangani presiden akhir tahun ini.

Untuk itu, kata Faida,  pembangunan pendidikan selalu mendapat prioritas utama dalam rencana dan pelaksanaan pembangunan. “Untuk mendapatkan pendidikan yang berkuliatas, tentu dibutuhkan guru yg berkualitas. Bukan sembarang guru, tetapi guru yang mampu mendidik anak murid menjadi orang yang berkualitas,” tegasnya.

Dijelaskan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan berbagai macam guru secara akurat sesuai kebutuhan Pendidikan. Selanjutnya, meningkatkan kapasitasnya dengan pendidikan dan pelatihan yang terencana. “Untuk memastikan bahwa guru yang mengajar benar-benar berkualitas, pertama dilakukan seleksi yang ketat untuk mendapatkan calon yang berkualitas dan kemudian melakukan peningkatan kapasitas atas guru tersebut,” tegasnya.


Faida menambahkan, seleksi guru yang bekerja di sekolah negeri tentu mengikuti proses perekrutan CPNS (SSCN/CAT) nasional agar kualitas pendidikan bisa setara di seluruh Indonesia. Dijelaskan, sesuai aturan, untuk perekrutan PNS dan P3K akan menjadi kewenangan Pejabat Pembina Kepegawaian dan bukan Kepala Dinas atau Kepala Sekolah.


“UU ASN tidak membuka kemungkinan di luar PNS dan P3K. Namun demikian, para guru yang tidak lulus ujian masuk melalui jalur PNS atau P3K, tetap dapat mengajar selama 5 tahun sebagai tenaga honorer dengan pendapatan yang disesuaikan dengan SBU jabatan di daerah masing-masing

Hits: 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.