Jember Information Center

Terima Kasih Pak Pangdam Brawijaya, Kata Bu Liana Warga Balung Kab Jember  Yang Rumahnya Dapat Program Rutilahu

 

 

JEMBER – Berbagai tanggapan positif terhadap program renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang merupakan program kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V/Brw, karena program yang menggandeng TNI melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) tersebut pendataan dan penyalurannya dilakukan dengan sangat obyektif sekali.

Demikian pula penerima program tersebut, tentunya sangat berbahagia, karena rumahnya dibangun tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, hal inilah yang dirasakan oleh salah satu penerima yaitu Liana 59 tahun, janda sebatang kara yang tinggal di RT.005 RW. 001 Dusun Balung Kopi Desa Balung kidul Kecamatan Balung Kab Jember, dengan pekerjaannya sebagai buruh tani .

Hal ini dapat kita buktikan saat kami melaksanakan pemantauan dilapangan dan singgah di rumah Bu Liana yang sudah bagus tersebut, dengan raut wajah yang terlihat sumringah Bu Liana mempersilahkan kami masuk ke rumahnya, kamipun duduk ditempat duduk dari bambu didalam rumahnya lalu kamipun bertanya awalnya mendapatkan program renovasi Rutilahu ini.

Bu Liana terdiam sejenak, kemudian perlahan sambilk menahan rasa haru dan bahagia, bu Liana menuturkan bahwa saya didatangi Pak Babinsa (maksudnya : Serda M Imron) bersama Pak Kepala Dusun dan memberitahukan kalau rumahnya akan direnovasi melalui program Rutilahu dan saya tidak usah bingung masalah biaya pembangunan, semuanya akan dibantu oleh program Rutilahu ini, saya pun langsung menerima.

Beberapa hari kemudian rumah saya dibongkar dan direnovasi, tampak material yang datang ada pasir, batako dan lain-lain dan Pak Babinsa setiap hari  selalu membantu tukang yang melakukan renovasi, hingga seperti sebagus ini rumah saya. Seketika itu juga tak terasa kelurlah linang air mata Bu Liana.

Kemudian sayapun menanyakan apa yang ingin disampaikan dengan selesainya renovasi rumahnya ini, Bu Liana segera menjawab : terimakasih Pak Pangdam Brawijaya, terima kasih Gunbernur Jawa Timur, juga Pak Babinsa dan Koramil, terima kasih. Sambil mengusap air matanya.

Komandan Koramil 0824/22 Balung Kapten Inf Erwin Daud saat kami konfirmasi,  membenarkan adanya renovasi rumah Bu Liana yang masuk pada program Rutilahu, untuk Koramil Balung mendapatkan 10 unit rumah yang kita sebar dibeberapa desa, dengan Babinsa sebagai pelaksanannya.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin selaku penanggung jawab pelaksanaan Rutilahu Kodim 0824/Jember saat kami konfirmasi menyampaikan, saya mengapresiasi kerja keras Babinsa dalam penyelenggaraan renovasi rumah warga kurang mampu melalui program Rutilahu tersebut, seluruh kegiatan Rutilahu tersebut secara global sudah 99,5 %, tinggalk beberapa unit dalam proses finishing,  daru 430 unit yang kita kerjakan, bahkan kita over prestasi 3 uni sehingga keseluruhan menjadi 433 unit. Pungkasnya.  (Siswandi)

 

 

 

 

 

Hits: 39

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: