Tanggapan Kepala Sekolah SMA Muhammadyah 3 Jember Dengan Dilaksanakannya PLS Bersinergi Dengan  TNI

JEMBER – Diseluruh sekolah baik Sekolah Lanjutan Pertama SMP maupun Sekolah Lanjutan Atas atau sekolah yang sederajat seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dan lain-lainnya, seminggu pertama memasuki sekolah ini siswa siswi barunya diberikan materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), pada PLS terebut rata-rata sekolah bekerjasama dengan TNI dalam hal ini Kodim maupun Koramil dalam memberikan materinya, termasuk Kodim 0824/Jember dan Koramil jajarannya yang tersebar di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Dari pantauan yang kami laksanakan hingga hari Kamis 19/07/2019 ini, masih banyak sekolah-sekolah yang memberikan materi PLS tersebut, dengan pemateri dari TNI, rata-rata materi yang diberikan diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bela Negara, Pemantapan Rasa Cinta Tanah Air dan lain-lainnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadyah 3 Jember  Moh Zaenal Mahfud dalam wawancaranya menyampaikan, bahwa sangat pisitif pemberian materi PLS ini dibantu TNI, dengan tujuan kita ingin meminta ilmu dari TNI terkait Kedisiplinan dan Wasbang.

Saat ditanyakan apa pengaruh pemberian materi PBB dan Wasbang dari TNI ini terhadap proses Pembelajaran disekolah nantinya, Moh Zaenal Mahfud menegaskan bahwa salah satu syarat menjasi siswa yang baik itu adalah kedisiplinan, sehingga sekolah kita ini mengutamakan kedisiplinan, ini yang kitra tanamkan kepada siswa-siswi kita di SMA Muhammadyah 3 Jember.

Dengan latihan kedisiplinan tersebut anak-anak akan berani menanggung resiko, dalam arti apabila melakukan kesalahan mereka ada rasa tanggung jawab dan segera memperbaiki diri, hal ini yang perlu kita tanamkan kepada anak-anak, saat ditanyakan harapannya kedepan dengan dilaksanakan PLS dengan model seperti ini, Moh Zaenal Mahfud menyampaikan bahwa PLS seperti sekarang ini sangat positif sekali, bahkan kita sebelum adanya himauan agar melibatkan TNI dalam materi PLS, kemudian sebelum adanya program Satu Sekolah Satu TNI (S3T), jauh sebelumnya kita sudah bekerjasama dengan TNI dalam pemberian materi saat PLS ini. Pungkas Moh Zaenal Mahfud.

Pelaksanaan PLS  SMA Muhammadyah 3 Jember tersebut sebanyak 208 Siswa-siswi baru, dilaksanakan di Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar Jember, dengan pemateri dari Personel Secaba Rindam V/Brw sebanyak 10 orang dipimpin oleh Letda Inf Sukirno, dan PLS tersebut dilakukan selama 3 hari.

Menyikapi hal terebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat kami konfirmasi pada Jum’at 19/07/2019 menyampaikan terima kasihnya kepada Komandan Secaba Rindam V/Brw, kita Kodim 0824/Jember beserta jajarannya,  dari sisi personel Kodim 0824 memang sangat kekurangan dalam memberikan meteri kepada siswa-siswi sekolah-sekolah lanjutan yang jumlahnya ratusan sekolah yang tersebar di Kabupaten Jember tersebut, sehingga kita Kodim 0824/Jember dibantu oleh satuan-satuan lainnya seperti Secaba Rindam V/Brw, Yon Armed 8/108 Tarik dan satuan lainnya dalam memberikan materi PLS disekolah-sekolah tersebut.

Pembinaan pelajar dan generasi penerus bangsa merupakan tanggungjawab semua pihak, sehingga saya menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Sekolah dan Pengurus Lembaga Pendidikan, atas kerjasamanya, bersinergi bersama TNI, yang tidak lain dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas, demi menjaga keselamatan bangsa, keutuhan dan kedaulatan NKRI. Kata Letkol Inf Arif Munawar.  (Siswandi)

Hits: 31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.