Puting Beliung Terjang Rumah Warga Desa Gugut, TNI Karya Bakti Bersikan Puing

Jember.    Hujan lebat disertai abgin puting beliung pada Minggu 13/01/2019 Pukul 16.00 Wib menerjang rumah warga di Dusun Jereng Timur, Dusun Dukuh dan Dusun Krajan masing-masing di Desa Gugut Kec Rambipuji Kabupaten Jember.

Sebanyak 3 unit gudang tembakau, 1 unit mushola dan 3 Rumah penduduk rusak berat, sedangkan 12 rumah mengalami rusak ringan yang rata-rata kerobohan pohon, pada kejadian tersebut korban jiwa nihil.

Pada Senin 14/01/2019 Pukul 07.00 Wib dilaksanakan Karya Bakti TNI bersama Muspika dan Pihak Terkait dalam rangka menyingkirkan pohon yang tumbang dan membersihkan puing-puing rumah sambil menunggu perbaikannlebih lanjut dari pihak terkait.

Personel yang dilibatkan diantaranya dari Koramil 0824/13 Rambipuji dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Abd Latif bersama 12 orang anggotanya, Kapolsek Rambipuji bersama anggotanya 12 orang, Camat Rambipuji bersama anggotanya 8 orang, BPBD Jember 3 orang, Dinas Kesehatan 5 orang, Perangkat desa 20 orang, relawan 30 orang dan Masyarakat 45 orang.

Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Abd Latif yang memimpin kegiatan tanggap darurat menyampaikan bahwa kegiatan saat ini melaksanakan pembersihan puing rumah yang hancur dan menyingkirkan pohon tumbang, sekaligus memperbaiki rumah yang rusak ringan, sedangkan yang rusak berat kita menunggu material dan langkah perbaikan dari BPBD Jember maupun pihak terkait lainnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan tersebut mengapresiasi langkah yang diambil oleh Koramil jajarannya bersama Muspika dan pihak terkait untuk segera melaksanakan pembersihan bahkan perbaikan sebagian rumah yang rusak ringan agar masyarakat dapat segera menghuni rumahnya kembali.

Hal tersebut tentu saja sebagai bagian dari implementasi Tugas Pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya dalam operasi kemanusiaan penanggulangam bencana alam. (sis24)

 

Hits: 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.