Puskesmas Silo Gandeng Koramil 0824/07 Silo  Tangani  ODGJ

 

 

JEMBER – Dalam rangka merawat dan mengobati Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) diwilayah Kecamatan Silo memang menjadi tanggung jawab Puskesmas Kecamatan Silo, namun dalam penanganannya perlu sinergi dari berbagai pihak sehingga dapat diseleseaikan secara tuntas.

Hadir pada acara pemeriksaan ODGJ yang ditempatkan di Koramil 0824/07 Silo tersebut diantaranya. Camat Silo Sugeng Riyanto, Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni, Petuas Medis dari puskesmas Silo Nur Farida dan Dian Setyowati.

Keberadaan ODGJ sendiri di Kecamatan Silo memang tidak banyak,  ada sekitar 13 orang, namun keberadaannya tersebar di desa-desa diwilayah Kecamatan Silo, kadang-kadang kita mengunjungi kerumah-rumah keluarga mereka, namun kadang-kadang kita jemput dan kita lakukan pengobatan seperti hari ini, kita dibantu Danramil 0824/07 Silo dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang membantu melakukan penjemputan dan kita adakan pemeriksaan dan pengobatan di Koramil 0824/07 Silo. Kata Camat Silo Sugeng Riyanto.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni saat Kami wawancarai menyampaikan, hari ini kita memang memfasilitasi dilakukannya pemeriksaan dan pengobatan kepada ODGJ diwilayah Kec Silo Kab Jember ini, sebagai wujud kepedulian kita terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa tersebut, mereka adalah bagian dari masyarakat kita yang juga harus mendapatkan perhatian yang sama.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode  M Nurdin  saat kami konfirmasi terkait dengan kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan, bahwa segala hal yang ada diwilayah merupakan tanggungjawab aparat kewilayahan termasuk Koramil Jajaran, hal ini juga termasuk dalam mebantu  upaya perawatan dan pengobatan  ODGJ tersebut.

Keberadaan ODGJ  tersebut kalau tidak tertangani tentunya akan mengganggu masyarakat lainnya, namun kalau dapat kita tangani dengan rutin dan teratur tentunya akan sembuh dan memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat luas pada umumnya, sehingga saya sangat mengapresiasi kepedulian Koramil Jajaran dan semua pihak terhadap penanganan ODGJ tersebut. Tegas Letkol La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

Hits: 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.