Jember Information Center

Pos Screening Covid 19 Perbatasan Wilayah Kab Jember- Banyuwangi,  Perketat Pencermatan Perantau Dari Bali

 

JEMBER – Sesuai hasil laporan Pos Screening Covid 19 Perbatasan Kabupaten Jember- Kabupaten Banyuwangi yang terletak di Desa Garahan Kec Silo Kab Jember, merupakan filter bagi orang yang melintas  dari arah Banyuwangi, Bali dan Nusa Tenggara, hari ini Jum’at 01/05/2020 berjalan dengan lancar.

Adapun personel yang terlibat dalam tugas diposko tersebut diantaranya dari Koramil 0824/07 Silo, Kecamatan Silo,  Polsek Silo, Perangkat Desa Garahan, Dinas Perhubungan Kab Jember, Puskesmas Silo serta relawan yang melaksanakan siaga selama 1 X 24 Jam dibagi menjadi 2 Shif.

Labih Lanjut dalam keterangannya Kapten Arm M Ismuni selaku  Danramil 0824/07 Silo saat kami konfirmasi, menyampaikan bahwa pada hari ini kita melakukan tugas posko seperti biasa, namun kadar pengetatannya kita tingkatkan, mereka yang melintas kita hentikan dan kita lakukan pendataan, baik riwayat kesehatan maupun riwayat perjalanannya, kalau mereka dari daerah zona merah, akan kita kenakan gelang kuning sebagai tanda orang dalam resiko (ODR).

Data mereka sudah masuk secara struktural, kemudian mereka kita persilahkan untuk melaksanakan isolasi mandiri dirumah, mereka harus tetap berada dalam rumah selama 14 hari, kalau selama 14 hari tersebut tetap sehat mereka baru diijinkan bersosialisasi bersama keluarga, maupun orang lain, namun harus tetap memakai masker, serta memnjaga phisycal distancing. Kata Kapten Arm  M Ismuni.

Kita Muspika juga secara bergantian melakukan siaga di posko ini, sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh petugas, agar senantiasa semangat dalam menjalankan tugas seperti ini, kemudian dari hasil orang yang melintas dan kita screening, sebanyak 235 orang, mereka  datang dari daerah zona merah, dalam kondisi  sehat, sehingga masuk kategori orang dalam resiko (ODR) kesemuanya.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi, terkait pelaksanaan kegiatan Posko Screening di 5 Pintu Perbatasan tersebut menyampaikan, bahwa kita senantiasa memonitor hasil screening serta pengkategorian orang yang masuk Kabupaten Jember, guna mempersiapkan kebijakan lanjutan bersama Forkopimda Lainnya.

Dipintu masuk Kabupaten Jember yang berada di Kecamatan Silo ini,  merupakan salah satu Posko Covid 19 yang agak sibuk melakukan screening terhadap warga Jember yang pulang dari merantau di Bali, dan disini dilakukan pencermatan oleh petugas yang melaksanakan siaga di Posko tersebut. Kata Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

 

Hits: 120

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: