Personel Koramil Jajaran Kodim 0824 Jember Dampingi Petugas Puskesmas dan Posyandu Melakukan Foging Dan Pemberantasan Sarang Nyamuk

JEMBER – Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat sekarang ini sedang mewabah diberbagai daerah yang diakibatkan oleh gigitan nyambuk aedes aegypti  menggugah berbagai elemen masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan antisipatif termasuk Personel Koramil  Jajaran Kodim 0824 yang melaksanakan pendampingan.

Di hari Jum’at 01/02/2019 ini beberapat tempat yang melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bahkan mengadakan pengasapan atau foging diantaranya  di Dusun Karuk Desa Tutul Kec Balung Kabupaten Jember yang dilakukan oleh Kepala Dusun Karuk  Hindianto bersama 5 orang anggota Puskesmas Balung didampingi Babinsa Serda Anang Budiadi melaksanakan PSN dengan Foging.

Begitupula di Dsn Krajan Desa Sumberejo Kec umbulsari Kab Jember dilakukan PSN dan Foging oleh 4 orang anggota Puskesmas, 10 orang kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan pendampingan Babinsa Serda Bambang S,  selanjutnya di Desa Mlokorejo, Desa Puger Wetan dan Desa Wringintelu masing masing di Kecamatan Puger Kabupaten jemebr juga dilakukan PSN serta foging dengan pendampingan oleh Babinsa setempat.

Demikian halnya di Desa Tegalwaru Kec mayang Kab Jember juga melaksanakan PSN dan foging,  Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni bersama Camat Silo Sugeng , Petugas Puskesmas, Posyandu  beserta Babinsa melaksanakan  pendampingan foging dan PSN dari di 3 Desa yaitu Desa Sidomulyo, Desa garahan dan Desa Sumberjati masing-masing diwilayah Kecamatan Silo.

Didamping dilakukan PSN dan Foging diberbagai tempat tersebut juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggalakkan kegiatan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur obyek-obyek yang berpotensi menjadi sarang perkembang biakan nyamuk, seperti bak mandi, akuarium  dan lain-lain yang harus lebih aktif dilakukan  pengurasan, menutup tempat=tempat air, serta mengubur kaleng-kaleng bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Menyikapi kegiatan Koramil jajarannya tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan bersama petugas Puskesmas, Kecamatan, Desa  dan lain-lain dalam rangka mengantisipasi dampak penyakit demam berdarah yang saat ini sedang menyerang diberbagai daerah, jangan sampai Kabupaten Jember masuk kategori  Kondisi  Luar Biasa (KLB).

Lebih Lanjut Letkol Inf Arif Munawar memeritahkan Koramil  jajaran Kodim 0824  untuk aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat, setiap ada kesempatan patroli wilayah baik Komandan Koramil maupun Babinsa hendaknya memanfaatkan untuk mensosialisasikan  3 M dan hal-hal lainnya termasuk kewaspadaan terhadap bencana disekitarnya, serta mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan  lingkungannya. Tegasnya. (Siswandi)

Hits: 46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.