Personel Kodim 0824 Sinergi dengan Yonif Raider 515/9/2 Kostrad dan Pemerintahan Desa Tanggul Kulon Percantik Tanggul Sungai Sekaligus Mengendalikan Hama Tanaman Pertanian

JEMBER – Pembinaan Teritorial yang merupakan Fungsi Utama TNI dalam pelaksnaanya disamping dilakukan oleh Kodim dan Koramil juga dilakukan oleh Satuan TNI Lainnya, seperti yang dilakukan di Desa Tanggul Kulon Kec Tanggul Kab Jember  pada Selasa 12/02/2019 Pukul 07.00 Wib Koramil 0824/16 Kodim 0824 Jember Bersama Yonif Raider 515/9/2 Kostrad melaksanakan Karya Bakti TNI  penanaman refugia bersama-sama.

Ikut dalam penanaman tersebut diantaranya Komandan Koramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Sukarno bersama 10 orang anggotanya, Yonif Raider 515/9/2 Kostrad dipimpin Lettu Inf Agung  Lesmono bersama 20 orang anggotanya, Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono bersama 5 orang perangkatnya, Koordinator Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Ir. Taufiq Firman, PPL Farida dan masyarakat petani 43 orang.

Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono menyampaikan terima kasih kepada TNI utamanya Danramil Tanggul bersama anggotanya serta Yonif Raider 515/9/2 Kostrad yang membantu penenaman refugia ini.

Konsep penenaman besar-besaran ini  sengaja saya lakukan di sepanjang tanggul sungai Bondoyodo dengan harapan dapat memperindah kawasan ini sehingga kalau sudah berbunga dapat dijadikan lokasi swafoto, sarana rekreasi dengan pemandangan bunga warna-warni, serta tujuan lainnya tentu saja untuk mencegah serangan hama tanaman berupa serangga pada tanaman padi petani.

Karena jenis hama tanaman yang berupa serangga akan lebih suka hinggap di putik-putik bunga saat mekar, sehingga tidak lagi menyerang tanaman, makanya bunga warna-warni yang dikelompokkan dengan nama refugia ini sangat efektif untuk menghindarkan tanaman padi dari serangan hama serangga khususnya wereng yang sangat ditakuti oleh petani.

Komandan Koramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Sukarno sangat mndukung inisiasi Kepala Desa yang ingin menjadikan kawasan ini indah sekaligus sebagai kawasan pengendali tanaman, karena disekitar tanggul juga terdapat hamparan sawah yang luas sehingga sangat tept sekali kalau tanggul ini dijadikan obyek penanaman refugia ini.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi upaya Kepala Desa Tanggul Kulon bersama Koramil Tanggul serta Yonif Raider 515/9/2 Kostrad tersebut, hal itu merupakan ide cemerlang  dalam menciptakan lokasi tersebut lebih indah dan juga bermanfaat untuk pengendalian serangan hama tanaman.

Untuk itu Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan terima kasih kepada Danyonif Raider 515/9/2 Kostrad atas bantuan personelnya pada kegiatan tersebut sebagai bagian dari pembinaan teritorial terbatasnya, demikian halnya kepada Kepala Desa Tanggul Kulon saya juga menyampaikan terima kasih atas daya kreasinya sehingga terdapat beberapa manfaat dari penanaman refugia tersebut.  (Siswandi)

 

Hits: 64

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.