Personel Kodim 0824 Jalani Test Kesemaptaan Jasmani

 

 

JEMBER– Test Kesegaran Jasmani merupakan bagian dari kesejahteraan dan moril, disamping dalam rangka mengukur standart jasmani prajurit, sehingga dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali bagi prajurit TNI yang masih aktif dinasnya, dengan materi lari, Pull Up, Push Up, Site Up, Satle Run, Longes dan renang yang dilaksanakan di lapangan semapta Yonif Raider 509/9/2 Kostrad.

Dari masing-masing materi lari standartnya dalam 12 menit jarak tempuhnya 3200 meter, kemudian pull up, site up, push up, sutle run, longes serta renang,masing-masing ada standartnya disesuaikan dengan usia serta kondisi kesehatan personel itu sendiri, sehingga masing-masing personel sebelum.melaksanakan kegiatan semapta dilakukan tensi darah, bagi yang tensi darahnya normal mereka diijinkan untuk mengikuti kegiatan , namun bagi yang tensi darahnya tinggi disarankan atau dilarang untuk mengikuti test kesegaran jasmani tersebut.

Sehingga dalam setiap test kesegaran Jasmani disamping dilakukan oleh Tim Jasmani

dari Korem 083/Bdj juga ada Tim Kesehatan yang dipimpin langsung oleh  dr Fransica Halim  dari Rumkit TK III Jember, menurutnya apabila tensi darahnya  tinggi tidak disaran untuk melakukan latihan berat,  ditakut akan memperparah kerja jantung yang berakibat serangan jantung, pingsan dan resiko lainnya yang sangat membahayakan jiwa personel itu sendiri.

Kegiatan Test Kesegaran Jasmani tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu hari ini Kamis 25/04/2019 dan Jum’at 26/04/2019 yang diikuti oleh Personel Kodim 0824/Jember, Dinas Jajaran, Perwira pertama (Pama) Kodim 0821 dan pada gelombang pertama tadi diikuti oleh 320 orang personel militer, dan sisa personel yang belum diberikan kesempatan pada hari  berikutnya.

Hadir turut melkakukan pengawasan diantaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak, pada kesempatan tersebut saat kami wawancarai Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh personel dalam setiap semester.

Yang bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit, dalam mendukung pelaksnaan tugas, termasuk personel yang ada di Komando Kewilayahan seperti Kodim 0824 ini meskipun sudah hampir pensiun, mereka diwajibkan mengikuti test kesemaptaan jasmani ini.  Tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Siswandi)

 

 

Hits: 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.