Personel Kodim 0824 Dampingi Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

JEMBER –  Dalam rangka mengantisipasi  penyakit demam berdarah diantaranya dengan melakukan  pemeriksaan terhadap bak mandi, tempat-tempat air di rumah-rumah warga dan lingkungan sekitarnya guna mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah.

Hal tersebut seperti yang dilakukan di beberapa tempat pada hari Jum’at 25/01/2019 mulai pukul 07.00 Wib oleh Petugas Puskesmas Kecamatan bersama Pos pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Babinsa yang melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) kerumah-rumah warga.

Dibeberapa wilayah Koramil yang melaksnakan PSN diantaranya di Desa Sidomulyo Kec Silo Kabupaten Jember dilakukan PSN dihadiri oleh Camat Silo Sugeng bersama 2 orang perangkatnya, Kepala Desa Sidomulyo M. Toha, anggota Koramil  0824/07 Silo  2 orang personel dipimpin Serka Syaiful Haqi melaksanakan pendampingan  PSN yang dilakukan oleh dr Rohman bersama 5 orang anggota Puskesmas Silo , dari Posyandu 27 orang.

Kemudian di Desa Mayang Kec Mayang Kab Jember  PSN dilakukan oleh 2 orang petugas Puskesmas, 10 orang petugas Posyandu dan Babinsa Koramil 0824/08 Mayang Sertu Thomas Cardoso.

Diwilayah Kecamatan Ajung  PSN dilakukan di Desa Rowo Indah dengan dihadiri oleh Camat Ajung Slamet Wijoko, Komandan Pos Koramil Ajung Peltu Alamsyah Apit YS bersama Babinsa Serma Eko Budi Prasetyo bersama 2 orang petugas Puskesmas, 12 orang anggota Posyandu,  demikian pula di wilayah kecamatan Wuluhan dan lain-lain.

Dimasing-masing desa yang dilakukan PSN tersebut melaksankan kegiatan mendatangi rumah-rumah warga sambing mengecek bak air, bak mandi serta tempat penampungan air lainnya, mengecek lingkungan sekitarnya sambil memberikan sosialisasi kepada warga agar selalu menguras atau aktif mengganti air-air tersebut sehingga tidak dijadikan tempat pembiakan nyamuk aedes aegypti.

Dari hasil pengecekkan kali ini menurut petugas Puskemas masing-masing memang ada yang terdapat jentik nyamuk dan sudah diberikan sosialisasi  kepada penghuni rumah untuk selalu mengganti air tersebut dan budayakan 3 M yaitu menguras, mengubur dan menutup serta selalu waspada terhadap penyakit demam berdarah.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar membenarkan adanya kegiatan anggota Koramil jajaran yang melakukan pendampingan kegiatan PSN tersebut, hal tersebut merupakan bagian dari kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat.

Untuk itu Letkol Inf Arif Munawar  juga mengajak agar kita semua meningkatkan kewaspadaan kita terhadap ancaman penyakit nyamuk demam berdarah, dengan membiasakan hidup bersih, selalu mengganti air yang ada dibak-bak mandi dan lain-lain, serta budayakan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur.   Masyarakat yang sehat harapan kita semua karena dengan  masyarakat  yang sehat pertahanan negara tentu semakin kuat. (siswandi)

Hits: 21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.