Jember Information Center

Pencegahan Penularan Covid 19, Muspika Wuluhan Screening Terhadap Santri Yang Pulang Kampung Diwilayah Kec Wuluhan

 

JEMBER – Penerapan pencermatan terhadap masyarakat yang keluar masuk wilayah menjadi fokus kegiatan, upaya pencegahan meluasnya penularan covid 19 diwilayah Kabupaten Jember, bahkan mereka yang liburan sekolah maupun liburan pondok yang pulang kampung dari Pondok Pesantren didalam Kabupaten Jember maupun diluar Kabupaten Jember tidak luput dari pencermatan tersebut.

Muspika Wuluhan yang terdiri dari Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno, Camat Wuluhan dan Kapolsek Wuluhan, diperkuat oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Wuluhan, juga melakukan pencermatan tersebut, disamping warga masyarakat yang baru datang dari luar kota maupun luar negri, pada Rabu 15/04/2020 juga melakukan pencermatan dengan melakukan screening terhadap santri yang pulang kampung di wilayah Kecamatan Wuluhan dari Pondok Pesantren Assuniyah Kencong Kab Jember.

Sebanyak 47 orang santri yang baru pulang dari Ponsok pesantren dilakukan screening, pendataan riwayat kesehatan dan pengecekkan suhu tubuh, dan memberikan arahan agar mematuhi protokol kewaspadaan dalam mencegah meluasnya penularan covid 19.

Menurut Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno, saat kami konfirmasi usai kegiatan tersebut menyampaikan bahwa santri tersebut dipulangkan karena liburan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, dari Pondok Pesantren Assuniyah Kencong.

Dari hasil pemeriksaan mereka rata-rata sehat tidak ada keluhan atau gejala sakit batuk, pilek dan lain-lain, kemudian dari hasil test suhu tubuh rata-rata dibawah 37 derajat celcius, sehingga kita arahkan untuk mematuhi protokol kewaspadaan dengan melakukan isolasi mandiri dirumah, selama 14 hari kedepan tidak boleh keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain (physcal distancing), serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Mereka kita lakukan screening di Posko Covid 19 Kecamatan Wuluhan, saat kedatangannya langsung dilakukan penyemprotan disinfecktan oleh petugas, terhadap pra santri maupun barang bawaannya sebelum dijemput oleh keluarganya.

Terkait kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan pencermatan yang diterapkan oleh seluruh jajaran, hal ini tentunya guna mencehag dan memutus rantai penularan covid 19 di Kabupaten Jember, untuk itu kepada masyarakat, saya tidak bosan-bosannya turut menghimau agar mematuhi protokol kewaspadaan, kalau kita mau patuih dan tertib menjalankan protokol kwaspadaan tersebut, kita akan dapat segera keluar dari darurat covid 19 ini. (Siswandi)

 

Hits: 47

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: