Jember Information Center

Pasar Menjadi Fokus Pengawasan Penegakan Disiplin Protokol  Kesehatan Oleh Petugas Dari Kecamatan Wuluhan

JEMBER – Sebagai implementasi Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres RI) no. 6 Tahun 2020, operasi penegakan disiplin dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran covid 19, hal ini dilakukan oleh Muspika dengan menurunkan unsurnya untuk melakukan patroli dengan sasaran pengawasan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan covid 19.

Seperti halnya dilakukan oleh petugas dari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember yang menerjunkan anggota Koramil 2 orang, Anggota Polsek 2 orang dan Satpol PP Kecamatan 2 orang untuk melakukan patroli siang dan malam dilokasi keramaian masyarakat.

Petugas patroli tersebut pada Senin 31/08/2020 melakukan fokus pengawasan di pasar tradisional Wuluhan, dengan sasaran pedagang maupun masyarakat yang berbelanja dalam hal mengenakan masker, termasuk penyediaan sarana cuci tangan yang disediakan oleh kepala pasar.

Menurut Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno, pengawasan terhadap masyarakat dalam menanamkan disiplin protokol kesehatan tersebut, tentunya dalam rangka menyelamatkan masyarakat dari penyebaran covid 19, kalau mendapati orang yang tidak bermasker kita berikan teguran dan kita data, serta kita arahkan untuk mematuhi protokol kesehatan, kesemuanya harus dilakukan dengan etika yang sopan dan humanis.

Kita Muspika Wuluhan sepakat kalau siang hari sasaran operasi kita fokuskan di pasar tradisional, karena disana merupakan pusat transaksi yang pasti ramai masyarakat, jangan sampai menjadi potensi penyebaran covid 19, untuk itu terus kita lakukan pengetatan pengawasan, hingga tertanam kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Kata Danramil 0824/23 Wuluhan.

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut, Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, selaku wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember  menyampaikan, bahwa akhir-akhir ini fokus pencegahannya pada menanamkan kesadaran masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan, masyarakat harus membiasakan diri dengan pola hidup baru dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak sosial dengan orang lain, untuk melindungi diri kita masing-masing dari bahaya covid 19 tersebut. (Siswandi)

Hits: 49

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: