Pak Talib Mendapat Program Bedah Rumah TMMD, Disambut Tangis Haru Tetangganya

JEMBER – Pak Talip (65 tahun) adalah warga Dusun Krajan RT. 02/15 Desa Gunung Malang Kec Sumberjambe Kabupaten Jember, disamping hidup dengan kondisi ekonomi tergolong kurang mampu juga memiliki kondisi fisik tuna rungu, hidup berdua dengan istrinya Bu Tipah (65 tahun) juga mengalami kondisi tuna netra.

Dengan kondisi rumahnya yang terbuat dari bambu dan hampi roboh keluarga P Talip tersebut mendapatkan bantuan Bedah Rumah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 lengkap dengan jambannya.

Saat kami mendatani rumah P Talip tersebut saya ditemui Bu Tipah didampingi oleh tetangganya Hadi (tukang sekaligus pendamping wawancara), saat kami tanyakan apa tanggapannya dengan mendapat program bedah rumah ini mewakili Bu Tipah dan Pak Talip saat ditanyakan bagaimana kondisi rumah P Talip sebelumnya menyampaikan bahwa rumahnya sudah lapuk semua dan mau roboh.

Hadi yang berusia sekitar 40 tahun juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan, terima kasih TNI semoga TNI yang memabntu pembangunan ini selalu diberikan kesehatan dan sukses TMMD Ke 104, selanjutnya dia menangis sambil memeluk erat Bu Tipah, sebagai tetangga yang tahu kondisi Bu Tipah, dia sangat terharu  dan bangga dengan bantuan yang didapatkan  Bu Tipah tersebut.

Pengerjaan rumah P Talip/Bu Tipah tersebut saat kami datangi kondisinya sudah mencapai 30 %, dan menurut tetangga kiri kanannya P Talip/Bu Tipah ini punya anak tetapi juga kurang mampu dan tinggal jauh di luar Jawa, sehingga untuk makan sehari-hari P Talip buruh serabutan sedangkan Bu Tipah sebagai tukang pijat, untuk itu tetangga kiri kanannya juga ikut terharu dengan bantuan bedah rumah dari TMMD ini.

Komandan Kompi Satuan Tugas(Satgas)  TMMD Ke 104 Kapten Inf Suwarno saat ditemui menyampaikan bahwa bantuan-bantuan bedah rumah ini memang sebelumnya diseleksi kelayakan penerimanya dan harus betul-betul warga yang tidak mampu, baik fisiknya maupun ekonominya, sehingga dapat dijamin tidak akan salah sasaran.

Sedangkan Komandan Kodim 0824 Jember  sekaligus selaku Komandan Satgas TMMD Ke 104 Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kita TNI melaksanakan tugas sesuai amanat UU No 34 Tahun 2004 pasal 7 khususnya pada Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya membantu  Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program  pembangunan.

Program pembangunan itu sendiri memang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, prasarana, kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat, hal tersebut tentunya sangat selaras dengan pembangunan sumberdaya manusia, sebagai  kompartemen pendukung pertahanan dalam Sistem Pertahananan Semesta (Sishanta), yang merupakan sistem pertahanan NKRI.

Letkol Inf Arif Munawar juga menyampaikan selamat kepada P Talip/Bu Tipah sebagai salah satu penerima program bedah rumah TMMD Ke 104, semoga kesehatan dan kesejahteraan hidupnya semakin meningkat, semakin sehat dan yang utama kepedulian masyarakat disekitarnyapun ikut terangkat terhadap kondisi-kondisi seperti itu disekitarnya. (Siswandi)

 

Hits: 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.