Pada Dialog Lintas Agama Komandan Kodim 0824/Jember : Penyiapan Generasi Bangsa Butuh Kepedulian Semua Pihak, Termasuk Para Orang Tua dan Tokoh Agama

 

JEMBER – Bertempat di Aula Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, pada Jum’at 17/01/2020 Pukul  19.00 Wib telah dilaksanakan Refleksi Tahun 2019 Menuju Tahun 2020, dengan acara Dialog Interaktif Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat dan tokoh lintas agama.

Kedatangan Komandan Kodim 0824/Jember disambut oleh Muspika dan Tokoh agama dan diiringi dengan tari – tarian dari Shake Gong Balai Ganjur Wherdhi Budaya Kec. Umbulsari.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Camat Umbulsari Firaz Chalid, Komandan Koramil 0824/19 Umbulsari Kapten Arm Abd Azis, Kapolsek Umbulsari Iptu Margianto, tokoh agama, Islam, Kristen dan Hindu, perwakilan organisasi pemuda, organisasi keagamaan dan lain-lain.

Dalam kata sambutannya Komandan Koramil 0824/19 Umbulsari Kapten Arm Abd Azis menyampaikan selamat datang kepada Komandan Kodim 0824/Jember, tekait dengan acara ini merupakan saran dan masukan dari par tokoh lintas agama beberapa hari yang lalu, sehingga bersama Muspika acara kami kemas seperti ini, yang tentunya dalam rangka memelihara kerukunan antar umat beragama diwilayah Kec Umbulsari.

Selanjutnya Sambutan dari KH. Muhammad Badri Saiful Rizal (Pengasuh Pondok Pesantren Tanwirul Ulum) Kec. Umbulsari, yang intinya menyampaikan perlunya pemahaman kita semua terhadap wawasan kebangsaan, dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memantapkan kerukunan kita yang selalu hidup berdampingan dengan masyarakat yang beragam  Suku, Ras dan Agama khususnya di Kec. Umbulsari ini.

Demikian halnya salah satu Tokoh Agama dari Gereja Kristen Jawi Wetan Kecamatan Umbulsari Pendeta Fajar Hari Pratomo menuturkan, dirinya menyambut baik di gelarnya Dialog Interaktif Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara  yang di gagas oleh Dandim 0824 Jember, tetapi hal ini tidak hanya sebatas obrolan saja, harus di wujudkan dalam bentuk nyata, sehingga ikon Umbulsari sebagai miniatur keberagaman dan kebersamaan Indonesia bukan hanya slogan saja.

Sambutan dari Letkol Inf La Ode Mohammad Nurdin (Komandan Kodim 0824/Jember), yang intinya  mengucapkan terimakasih kepada warga Kec. Umbulsari, Kab. Jember yang telah mengundang kami sebagai Narasumber dalam Dialog Interaktif Wawasan Kebangsaan ini.

Dia menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar wilayah Kecamatan Umbulsari aman dan kondusif dan harapanya kedepan Jember secara umum bisa sejuk dan bisa memberikan kontribusi yang baik dari Kecamatan Umbulsari untuk masyarakat Jember. Dialog interaktif semacam ini, kata Dia,  merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, dimana adanya kepedulian dari unsur Muspika Umbulsari untuk bisa mengumpulkan para tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai unsur dan elemen, sehingga para undangan bisa mendapatkan pencerahan, bagaimana tentang wawasan kebangsaan dan bela negara yang harus di miliki.

Lebih lanjut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin mengajak kepada para orang tua para tokoh agama yang ada, agar komitmen memiliki visi misi yang sama, yakni bagaimana menyiapkan generasi muda berkualitas dan berkarakter kebangsaan, memiliki wawasan kebangsaan yang luas serta rasa bela negara yang kuat. Karena dalam membentuk karakter generasi muda harapan bangsa butuh kepedulian para orang tua dan tokoh-tokoh masyarakat lainya baik dari sekolah maupun pondok pesantren. (Siswandi)

 

 

Hits: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.