Jember Information Center

Muspika Kalisat Jember, Juga Dirikan Posko Screening Covid 19 Bagi Penumpang  Di Stasiun Kereta Api

 

JEMBER – Seperti yang dilakukan oleh jajaran lainnya, Koramil 0824/03 Kalisat bersama Muspika dan pihak terkait juga mendirikan Posko Screening Covid 19 di Stasiun Kereta Api Kalisat, karena stasiun tersebut juga menjadi tempat naik turunnya penumpang yang menggunakan moda anggutan kereta api.

Menurut Danramil 0824/03 Kalisat Kapten Arm Ridwan Sagala pelaksanaan screening di Stasiun Kalisat tentunya sama dengan yang dilakukan di Koramil lainnya, kita mengarahkan penumpang yang turun untuk cuci tangan, cek suhu tubuhnya, dan kita data, penumpang tersebut dari mana dan akan kemana kita catat datanya, selanjutnya kita arahkan untuk patuh pada protokol kewaspadaan covid 19.

Lebih lanjut Kpaten Arm Ridwan Sagala saat kami wawancarai pada Jum’at 10/04/2020 menjelaskan bahwa yang bertugas diPosko Screening Stasiun Kalisat tersebut diantaranya dari Koramil 2 orang, dari Polsek 2 orang, dari Puskesmas 2 orang, dari Kecamatan 2 orang dan dari scurity stasiun 1 orang.

Stasiun Kalisat ini memang tidak besar, namun ada 12 perjalanan kereta yang sebagian besar berhenti dan menaik turunkan penumpang, sehingga disini juga merupakan pintu masuk wilayah Kabupaten Jember yang patut kita lakukan screening,  utamanya terhadap penumpang yang turun dan akan berkegiatan di Jember.

Saat ditanyakan selama kegiatan apa ada penumpang yang terjangkit covid 19 tersebut, Kapten Arm Ridwan Sagala menjelaskan,  bahwa sejak awal kita dirikan Posko hingga hari ini, hasil pemeriksaan tidak ada yang terjangkit, penumpang yang kita screening rata-rata kodisi suhu tubuhnya dibawah 38 derajat, dan hasil tersebut selalu kita laporkan setiap jam 06.00 Wib dan Jam 16.00 Wib pada setiap harinya ke Posko Covid 19 Kabupaten Jember. Pungkasnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan posko screening diwilayah jajarannya tersebut menyampaikan, yang pertama saya ingin menyampaikan selamat bertugas kepada petugas Posko Screening Covid 19 Stasiun Kereta Api diwilayah Kabupaten Jember, sebagai bagian dari pintu masuk wilayah Kabupaten Jember, Stasiun kereta api, terminal bus, bandara udara dan lain-lain memang harus didirikan Pos Screening.

Mereka memiliki tugas yang sama yaitu melakukan screening terhadap penumpang yang  turun dan akan berkegiatan di Kabupaten Jember, hal ini tentunya masih dalam upaya memutus rantai penularan covid 19 di Kabupaten Jember. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

Hits: 121

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: