Jember Information Center

Muspika Jenggawah Kab Jember, Rapat Koordinasi Rencana Pembukaan Pasar Tradisional

 

 

JEMBER – Himbauan penutupan pasar  dan tempat keramaian lainnya, dalam rangka mendukung percepatan pengananan Covid 19 di Kabupaten Jember menuai pro dan kontra, ditengah masyarakat.

Hal ini bagi masyarakat Kecamatan Jenggawah sudah terjawab, dengan dilaksanakannya rapat koordinasi antara Muspika dan Pedagang Pasar pada 31/05/2020 Pukul 19.00 Wib di Kantor Kecamatan Jenggawah.

Dalam rapat tersebut memutuskan untuk dibukanya kembali pasar tradisional Jenggawah, yang menjadi rujukan masyarakat Jenggawah dalam berbelanja bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari lainnnya.

Menurut Komandan Koramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Rochmanu, saat kami wawancarai pada Senin 01/06/2020 menutirkan, bahwa kita Muspika merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Kabupaten, tugasnya mengawal,  melaksanakan kebijakan pemerintah dan mengamankannya.

Dalam hal pembukaan kembali pasar tradisional tersebut sudah disepakati dengan mematuhi ketentuan protokol kesehatan, sebagai bagian dari upaya untuk mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan tersebut, baik pedagang pembeli harus menggunakan masker, pembeli melakukan cuci tangan sebelum memasuki pasar, bila perlu dilakukan cek suhu tubuh, hal ini untuk keselamatan pedagang itu sendiri maupun masyarakat yang melakukan belanja dipasar tersebut, agar sama-sama selamat dari bahaya penularan Covid 19. kata Kapten Inf Rochmanu.

Sementara itu salah satu pedagang pasar Jenggawah Marsini 49 tahun,  saat kami wawancarai menerangkan, bahwa dirinya tadi.malam mengikuti jalannnya rapat di Kecamatan, memang kita harus mulai sadar untuk mematuhi protokol kesehatan, hal ini saya sangat setuju kalau dilakukan penjagaan dipintu masuk, bagi pembeli yang tidak memakai masker tidak boleh masuk pasar, ini akan lebih baik, karena kalau mengondisikan pedagang saya kira lebih mudah daripada mengkondisikan pembeli, kata Marsini.

menyikapi kegiatan jajaranya tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin mengapresiasi upaya Muspika Jenggawah yang melakukan rapat koordinasi dengan pedagang, sebelum dibukanya pasar tersebut, hal ini sebagai bagian dari langkah kita Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Kabupaten Jember.

Kodim 0824/Jember bersama Koramil jajaran terus aktif melakukan pembelajaran kepada masyarakat untuk merubah kebiasaannya sehari-hari dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang.lain atau phisycal distancing, dalam rangka menyongsong kehidupan normal baru (new normal), dengan tingkat kepatuhan pada protokol kesehatan. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 39

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: