Jember Information Center

Muspika Balung Jember  Buka Kembali Mini Market Setelah Dilakukan Pengecekkan Protokol Kesehatan Covid 19

 

JEMBER – Penerapan phisycal distancing dan pembatasan sosial lainnya disatu sisi merupakan keharusan yang harus diterapkan, dalam percepatan  penanganan covid 19, disisi lain hal tersebut sanagat berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat, dengan ditutupnya, pasar tradisional, mini market, plaza dan mall.

Sudah sekitar 3 bulan ini, tempat pembelanjaan tersebut tutup, dan merumahkan semua karyawannya, dalam rangka penerapan pembatasan sosial yang harus dilakukan, sehingga sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, meningkatnya pengangguran dan lain-lainnya.

Demikian pula di Kecamatan Balung Kabupaten Jember, beberapa pasar dan mini market yang telah beberapa bulan tutup tersebut, kini mulai diijinkan buka kembali, sebelum dibuka beberapa waktu yang lalu dilakukan pengecekkan sarana dan prasarana kesiapan dalam menerapkan protokol kesehatan, kini Minggu 31/05/2020  mereka sudah aktif melayani pembeli.

Namun ada kewajiban manajemen yang harus dilaksanakan yaitu harus memasang banner pengumuman, bahwa pengunjung sebelum masuk harus cuci tangan, diperiksa suhu tubuh, memakai masker dan memperhatikan phisycal distancing(selalu jaga jarak dengan orang lain) saat berbelanja sesuai tanda yng sudah dipasang di lantai.

Menurut Komandan Koramil 0824/22 Balung Kapten Inf Erwin Daud, saat kami konfirmasi terkait dibukanya beberapa mini market di wilayahnya menympikan, bahwa pada beberapa bulan ini kita memang menghdapi masa sulit dengan adanya pandemi covid 19 ini, dalam rangka menerapkan phisycal distancing, semua tempat keramaian kita tutup tentunya sesuai himbauan pemerintah.

Kini beberapa tempat sudah diijinkan dibuka termasuk mini market dan pasar tradisional, namun sesuai himbuan pemerintah harus memenuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan, sehingga kita Muspika melakukan pembukaan kembali termasuk beberapa  mini market di wioyah Balung, namun dengan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatannya, kita sebagai unsur pelaksana ditingkat kecamatan, tentunya bertugas mengawasi penerapannya. Tegas Komndan Koramil 0824/22 Balung.

Sementara Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin,  saat kami konfirmasi terkait pembukaan mini market tersebut menyampaikan, bahwa senada dengan yang disampaikan oleh Danramil 0824/22 Balung, bahwa beberapa bulan ini kita fokus pada penanganan bencana kesehatannya, yaitu pandemi covid 19 yang melanda seluruh daerah, dan kini kita melakukan pelonggaran untuk mempersiapkan masyarakat menuju kehidupan normal baru, yang tentunya harus memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti yang telah saya sampaikan dibeberapa kesempatan bahwa kita harus mulai mengedukasi masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan, kalau kita ingin kehidupan ini normal kembali, protokol kesehatan wajib dipatuhi oleh semua lapisan masyarakat. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 53

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: