Jember Information Center

Muspika Ambulu Jember Gropyokan Kerumah Warga, Cegah Meluasnya Penularan Covid 19

 

 

JEMBER – Upaya menyeluruh dalam memutus rantai penularan covid 19 di Kabupaten Jember, terus berjalan sepanjang waktu, hal ini merupakan semangat semua pihak yang bertekad segera keluar dari kondisi darurat covid 19, yang sangat rentan penularannya.

Seperti yang dilakukan oleh Muspika Ambulu yang terdiri dari Danramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan, Camat Ambulu Sutarman, Kapolsek Ambulu AKP Sudaryanto melakukan gropyokan (mendatangi rumah warga) pada Minggu 12/04/2020, guna cegah meluasnya penularan covid 19  di Desa Tegalsari Kec Ambulu Kab Jember, turut mendapingi Kepala Desa Moch Jais Efendi, Petugas Puskesmas.

Pada kesempatan tersebut dilakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait pentingnya mencuci tangan dengan benar, pentingnya melakukan pshisycal distancing atau menjaga jarak, serta pentingnya mematuhi protokol kewaspadaan lainnya, sebagai upaya pencegahan penularan covid 19 yang sangat mudah sekali menular.

Menurut Danramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan, saat kami konfirmasi usai kegiatan tersebut menyampaikan,  bahwa dari gropyokan tersebut kita dapati warga masyarakat yang datang dari  Kuching Malaysia, dan kepada yang bersangkutan serta keluarga dan orang disekitarnya kita lakukan screening dan hasilnya semua negatif, tidak ada gejala sakit dan suhu tubuh rata-rata 36 derajat celcius.

Namun demikian kepada masyarakat tersebut tetap kita kategorikan sebagai orang dalam resiko (ODR) karena kedatangan mereka pada Sabtu 11/04/2020, dan dari negara terdampak, sehingga yang bersangkutan dan orang sekelilingnya dikategorikan ODR, dengan tanda gelang kuning, mereka kita wajibkan isolasi, dan yang bersangkuta mau menyadari dan mau dilakukan isolasi ke Jember Sport Garden (JSG) sebagai pusat karantina ODR dan orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Jember, sedangkan warga sekitar lainnya kita himbau untuk isolasi mandiri dirumahnya masing-masing. Kata Kapten Arm Anton Hermawan.

Lebih Lanjut Danramil 0824/24 Ambulu juga menyampaikan,  bahwa berbagai upaya yang dilakukan diantaranya penyemprotan disinfecktan brsama pihak terkait dan relawan terus dijalankan kedesa-desa, sosialisasi protokol kewaspadaan, patroli kawasan phisycal distancing dan lain-lain terus dijalanmkan bersama, sebagai upaya memutus rantai penularan.

Menyikapi kegiatan yang dilakukan oleh Muspika Ambulu tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi mengapresiasi upaya-upaya menyeluruh yang dilakukan jajaran bersama Muspika dan pihak terkait, ini merupakan wujud tekat kita bersama untuk segera keluar dari krisis darurat covid 19 ini.

Semua upaya yang dilakukan oleh Muspika dan Tiga Pilar Desa, merupakan implementasi dari kebijakan Forkopimda, sehingga kami sangat mengapresiasi sinrgitas yang dilakukan, yang semata-mata untuk menyelamatkan masyarakat Jember dari bahaya penularan covid 19. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)  

 

Hits: 63

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: