Menurut Komandan Kodim 0824/Jember : Menwa Adalah Bagian Dari Rakyat Terlatih Dalam Mendukung Sishanta

 

JEMBER – Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Yang bertujuan untuk membentuk satuan resimen mahasiswa dalam mendukung tugas-tugas dalam mesujudkan ketertiban kampus,  sekaligus sebagai bagian dari upaya pembinaan generasi bangsa dengan pembentukan fisi dan mental melalui dasar-dasar ilmu kemiliteran, sehingga memiliki postur dan tampilan yang berbeda dangan mahasiswa lainnya.

Seperti yang ada di Kampus Universitas Muhammadyah Jember (UM Jember) yang memiliki satuan Menwa Wira Yudha 848, yang pada acara jalan Santai UM Jember pada Sabtu 28/09/2019 Pukul 10.00 Wib, Bertempat Lapangan Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jember Jln. Karimata Jember,  melakukan demonstras ketrampilan bela diri Yong Modo dan Bongkar Pasang Senjata dihadapan 1500 mahasiswa baru dan Komandan Kodim 0824/Jember Serta Asmuji ( Wakil Rektor 3 UM Jember )

Menwa Wira Yudha 848 UM Jember merupakan binaan Kodim 0824/Jember dari pembentukan dasar, pembekalan ketrampilan dan lain-lainnya hingga mampu menampilkan atraksi yang membanggakan kampus tersebut.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember latkol Inf La Ode M Nurdin menerangkan, bahwa keberadaan Menwa merupakan bagian dari rakyat terlatih, dalam rangka mendukung Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta), dimana TNI Polri sebagai kompartemen utama, dan masyarakat dalam hal ini termasuk rakyat terlatih sebagai kompartemen pendukungnya, dalam upaya-upaya pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian pembinaan Menwa ini memang dilakukan oleh Pihak Kampus bersama Kodim setempat, kalau di Jember Bersama Kodim 0824/Jember, hal ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Tiga Kementrian  yaitu Menteri Pertahanan RI, Menteri Pendidikan Nasional serta Menteri Dalam negeri dan otonomi Daerah, tentang pembinaan dan pemberdayaan Menwa untuk menghasilkan sarjana plus serta generasi yang mengerti dan setia pada konstitusi negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Dan tugas pembinaan tersebut kemudian turun ke Satuan Komando Kewilayahan dengan melaksanakan pembekalan-pembekalan diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan, Pembinaan fisik, beladiri militer, pengetahuan navigasi darat, dan lain-lain, sehingga mereka memiliki ketrampilah khusus yang melebihi mahasiswa lainnya, sehingga keberadaannya menjadi bagian dari rakyat terlatih. Jelas Letkol Inf La Ode M Nurdin Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi) 

Hits: 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.