Menteri Susi Tinjau Pembangunan Breakwater dan Cold Storage Puger, Jember

Sebagai wilayah poros maritim yang garis lurus dengan program pemerintah pusat. Kabupaten Jember yang mempunyai letak wilayah pantai strategis diwilayah timur Jawa Timur, dengan luas ± 54.000 km2. Wilayah Jember yang memiliki potensi pariwisata dan sumber daya alam tersendiri yang dapat menunjang perekonomian daerah dan Nasional sebagai Lumbung perikanan laut.

 

Dengan tingginya potensi laut selatan yang dimiliki oleh Kabupaten Jember. Maka, Pemkab Jember perlu hadir bersinergi dengan pemrintah pusat, dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendongkrak wilayah pesisir pantai selatan sebagai wilayah ekonomi yang berbasis produk tangkapan laut.

Susi Pudji Astuti dengan Bupati Jember saat meninjau pembangunan breakwater di pantai pancer, 24/11

 

Hal inilah yang dikatakan oleh dr. Hj. Faida MMR, Bupati Jember, saat mendampingi Menteri KKP, Susi Pudji Astuti, tadi siang di Lapangan Kecamatan Puger, Jember, 24/11. Faida menyampaikan bahwa sebagai bentuk sinergi antara Pemkab Jember dan Kementrian KKP, di sekitar pantai pancer telah dibangun Integrated Cold Storage (ICS), yang berkapasitas mampu menampung 100 Ton. ICS ini dibangun menggunakan anggaran APBN Pusat hampir15 Miliard. Pembangunan ICS ini, lanjut Faida, diharapkan berguna sebagai Lumbung ikan, dimana mampu menjaga kestabilan harga dan suplai ikan, di saat panen maupun disaat  paceklik.

 

Kedepan, Bupati Faida berharap nelayan di kabupaten Jember tidak lagi menjual ikan tangkapannya secara barter kepada pecalang (Juragan darat). Dengan adanya ICS dari Pemerintah pusat ini, Faida mengharapkan mampu menumbuhkan suatu usaha perikanan di sekitar ICS dengan pola kemitraan. Tak hanya berhenti disitu saja 2019 nanti, ungkapnya, juga akan dibangun 3 dermaga diwilayah Puger, Pantai payangan (Ambulu), dan Pantai Getem, yang akan didanai melaui anggaran APBN. Hal ini dikarenakan Kabupaten Jember merupakan wilayah garis pantai yang langsung berhubungan dengan perairan Internasional.

Bupati Faida dihadapan hampir 4500 orang nelayan ini juga mengatakan Langkah pengembangan dan penguatan masyarakat diwilayah pesisir ini dilakukan untuk menunjang program kesejahteraan masyarakat yang merupakan program Nawacita Presiden Joko Widodo. Sehingga kedepan, mampu berdampak tumbuhnya ekonomi kreatif dan UMKM disekitar wilayah pantai, seperti kuliner berbahan dasar ikan, pengembangan ekowoisata Ex. Teluk Love dan Pantai Pancer. “Saya minta bapak ibu semua jaga wilayah pantainya, jangan sampai rusak demi terjaganya ekosistem pantai diwilayah selatan”, pungkasnya.

Hits: 81

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.