Mengapa Komandan Koramil Silo Kodim 0824/Jember Ikut Dampingi Pemberian Imunisasi

 

 

JEMBER – Bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Sidomulyo Desa Sidomulyo Kec Silo Kab Jember pada Sabtu 17/11/2019 Pukul 08.00 Wib dilaksankan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) oleh petugas medis dari Pukesmas Silo.

Hadir dan turut mendampingi kegiatan tersebut dianataranya Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Nasarudin, Petugas medis dari Puskesmas Silo diantaranya Dian Setyowati, Febri Nurfadilah, Afifian Swasanjaya, Rian Galih dengan sasaran pemberian vaksinasi Dipteri, Pertusis dan tetanus (DPT) kepada siswa-siswi SDN 05 Sidomulyo.

Pemberian Vaksinasi DPT tersebut dilakukan kepada seluruh siswa –siswi kelasi 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 5 sebanyak 137 siswa-siswi SDN 05 Sidomulyo tersebut, dan pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib aman.

Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni terkait kegiatan tersebut saat kami wawancarai menyampaikan bahwa tugasnya diwilayah memang begitu komplek diantaranya termasuk memberikan pendampingan pemberian vaksinasi DPT, pendampingan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan lain-lain, yang merupakan permintaan dari Puskesmas kepada kami.

Hal ini memang tidak sesederhana yang kita bayangkan, pentingnya pemberian imunisasi ini agar adik-adik kita terhindar dari penyakita Dipteri, Pertusis dan Tettanus yang sangat membahayakan tersebut, namun demikian masih ada yang takut dan tidak mau diimunisasi, untuk itu tugas kita membantu memberikan sosialisasi dan memotivasi agar masyarakat memahami dan  mendukung kegiatan seperti ini.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi sangat mendukung dengan kegiatan yang dilakukan oleh Koramil jajarannya,  dengan melaksanakan pendampingan pemberian vaksinasi, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan lain-lain, yang pada intinya membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Disamping kegiatan pendampingan tersebut merupakan implementasi kerjasama antara Kementrian Kesehatan RI dengan TNI, hal tersebut merupakan bagian dari tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam upaya mewujudkan kemantapan potensi pertahanan wilayah, dengan masyarakat yang sehat maka pertahanan akan semakin kuat, dan ini merupakan bagian dari tugas TNI dalam memantapkan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) sebagai sistem pertahanan negara kita. Pungkas Letkol La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

 

 

 

Hits: 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.