Jember Information Center

Luapan Kali Jompo Mulai Berdampak Di Patrang,  Komandan Kodim 0824/Jember Perintahkan Seluruh Jajaran Tingkatkan Kewaspadaan

 

 

JEMBER – Sebagai bagian dari aliran hilir Kali Jompo yang memiliki hulu di Lereng Gunung Argopuro di daerah Karang Pring Kec Sukorambi Kabupaten Jember, dengan adanya cuaca ekstrim ditandai dengan hujan lebat pada Sabtu 01-02-2020 Pukul 17.00 Wib, mulai berdampak meluap ke pemukiman warga di Lingkungan Poreng Kelurahan Slawu Kec Patrang Kab Jember.

Kejadian tersebut memang belum terlalu parah namun ada sekitar 7 kepala keluarga rumahnya sudah kemasukan air setinggi 15 cm, luapan kali jompo  dengan debit arus yang relatir tinggi pun turun hingga melintasi Kota Jember dan berakhir di Sungai Bedadung.

Beberapa rumah yang terdampak tersebut diantaranya rumah Soleh umur 59 tahun, Kus /Haris umur 35 tahun,Ningrat umur 55 tahun, Kholilah umur 48 tahun, Umar umur 48 tahun, Agus umur 65 tahun dan Slamet umur 40 tahun, Koramil 0824/01 Patrang dipimpin Komandan Koramil Kapten Inf Sumaryono langsung turun kelapangan bersama masyarakat setempat, melakukan pendataan dan memberikan pertolongan seperlunya.

Menurut Kapten Inf Sumaryono, Kita turun bersama 5 orang anggota sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya, karena meskipun disini sudah tidak hujan kita belum tahu kondisi di puncak atau diketinggian,kita sudah sosialisasikan kepada masyarakat agar waspada,  minimal malam ini kita siaga bersama untuk mengantisipasi banjir bandang sususal yang dikhawatirkan akan lebih besar.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyikapi kejadian tersebut menyampaikan kepada seluruH warga masyarakat di hilir Kali Jompo yang melintas hingga ke tengah Kota Jember, diharapkan mewaspadai adanya bajir bandang susulan, demikian pula didaerah lainnya, hendaknya masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrim yang berpotensi  turun hujan sewaktu-waktu dengan curah hujan yang relatif tinggi tersebut, terima kasih kepada Koramil jajaran, aparat terkait dan masyarakat yang sudah melakukan langkah-langkah tanggap darurat bencana tersebut.

Lebih lanjut  Letkol Inf La One Muhammad Nurdin menerangkan bahkan beberapa hari ini kita mengikuti rilis dari Badan Meteorologi dan Geo Fisika(BMKG) Stasiun Kelas I Juanda, potensi cuaca ekstrim melanda sebbagian besar wilayah Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Jember,.

Untuk itu seluruh jajaran Koramil sudah kita perintahkan untuk meningkatkan monitoringnya diwilayah tanggung jawabnya masing-masing, terutama mewaspadai adanya bencana alam tersebut, dan ditingkat Kabupaten Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Palang Merah Indonesia (PMI) dan lain-lain  untuk bersama-sama menyikapi situasi ini. (Siswandi)

 

Hits: 24

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: