Jember Information Center

Kusyati  Terharu  Rumahnya Direnovasi Sebagus ini melalui Rutilahu Oleh Babinsa Gunungmalang Koramil 0824/05  Sumberjambe

 

 

  JEMBER –  Keberadaaan program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Kodim 0824/Jember sesuai hasil pantauan kami diseluruh wilayah Koramil jajaran Kodim 0824,  rata-rata sudah selesai dan mencapai 100% pengerjaannya, demikian halnya di wilayah Koramil 0824/05 Sumberjambe.

Pada Rabu 11/12/2019 kami memantau di Desa Gunungmalang  rumah salah satu warga kurang mampu atas nama Kusyati umur 57 tahun pekerjaan buruh tani, yang tinggal di Dusun Paleran RT/RW 04/12 Desa Gunungmalang,  dirinya sangat bahagia dengan kondisi rumahnya yang sudah jadi seperti sekarang ini, saat kami wawancarai perempuan yang tunggal bersama suaminya dan sama-sama bekerja sebagai buruh tani tersebut tidak terasa meneteskan air matanya.

Dengan logat Madura Kusyati menuturkan, bahwa dirinya terharu dan tidak menyangka rumahnya akan direnovasi sebagus ini, karena selama ini dirinya bersama suaminya tidak mampu berpikir, hingga tidak menghiraukan terhadap kondisi rumahnya dari bambu, kalau hujan sering bocor disana-sini, karena penghasilan dari pekerjaannya sebagai buruh tani tidak akan mampu untuk memperbaiki rumahnya, buat makan saja sering kekurangan.

Saya berterima kasih kepada Pak Babinsa (Kopka Asep Dimyati) yang telah mebangun rumah saya, terima kasih kepada Bu Gubernur dan Pak Pangdam Brawijaya, kata Kusyat sambil mengusap linang air matanya.

Hal ini juga kami temui saat singgah disalah satu rumah yang medapat program Rutilahu yaitu dirumah Tohari  47 tahun pekerjaan buruh tani yang tinggal di Dusun Semek Desa Sumberjambe Kec Sumberjambe Kab Jember, tohari juga sangat berbahagia sekali, saat kami tanya bagaimana awalnya mendapat program rutilahu ini, Tohari menjelaskan bahwa pertama didatangi Pak Babinsa (Serma Yudha) bersama Pak Kampung kalau rumah saya mau direnovasi melalui program Rutilahu, saya sangat senang sekali.

Kemudian dibongkar dan langsung direnovasi dan sekarang jadinya yang seperti ini, saya sungguh tidak menyangka Pak Tentara   mau bekerja menjadi tukang bangunan memperbaiki rumah saya ini, bersama tetangga kiri kanan, saya berterima kasih kepada Pak Babinsa, Pak Koramil. Pak Pangdam Brawijaya serta Ibu Gubernur Jawa Timur. Kata Tohari.

Plt Komandan Koramil 0824/05 Sumberjamber Lettu Inf M Hari Yuwono saat kami konfirmasi diruang kerjanya menyampaikan bahwa di wilayahnya mendapatkan 10 unit, dan pengerjaannya saat ini rata-rata sudah selesai 100% semuanya, saat kita tanya bagaimana sistem kerjanya, Lettu M Hari Yuwono menjelaskan bahwa kita anggota menerima dalam bentuk material dan kita distribusikan kerumah-rumah yang sudah kita tentukan sebelumnya, kemudian kita kerjakan secara karya bakti TNI dengan warga masyarakat sekitar lokasi.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin  saat kami temui terkait program renovasi Rutilahu ini menyampaikan bahwa Kodim 0824/Jember pada saat ini menerima 430 unit renovasi rumah tidak layak huni, dan sesuai laporan per hari ini memang laporan kita secara global pengerjaannya mencapai 99,51%, berarti ada beberapa mungkin yang tinggal proses akhir saja.

Sejak awal pengerjaan memang sudah kita perintahkan anggota jajaran agar menyesuaikan dengan ketentuan pengerjaannya, dan kalau masyarakat penerima cukup puas dan bahagia saya kira itu bagian dari kepuasan kita juga, dan saya berterima kasih kepada semua pihak karena program ini dapat terlaksana dengan baik dan pada pengerjaan kali ini kita over prestasi 3 unit, sehingga yang kami kerjakan ada 433 unit. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)    

Hits: 29

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: