Jember Information Center

Koramil Panti dan Koramil Kencong Kodim 0824/Jember,  Ajak Masyarakat Mitigasi Bencana Dengan Bersihkan Kali

 

JEMBER – Datangnya musim penghujan serta fenomena banjir dibeberapa wilayah di tanah air, merupakan bagian dari  peringatan bagi kita semua untuk sadar terhadap kebersihan lingkungan utamanya, kebersihan sungai/kali sebagai saluran pembuangan air.

Seperti halnya yang dilakukan di wilayah Koramil 0824/14 Panti dan Koramil 0824/18 Kencong, di wilayah Koramil Panti dilakukan pembersihan kali depan sekolahan SMP Negeri 1 Panti di Desa Glagah Wero Kec panti, sepanjang 100 meter,  dengan melibatkan personel Koramil dimpimpin Komandan Koramil Kapten Inf Sondah Krisyamto bersama 9 orang anggotanya, anggota Polsek 5 orang, perangkat desa 5 orang dan 47 orang warga masyarakat,  dengan sasaran pembersihan kali tersebut sebagai saluran pembuangan, sehingga aliranya tidak terhambat dan tidak terjadi banjir luapan.

Sedangkan di wilayah Koramil 0824/18 Kencong dipimpin oleh Komandan Koramil Kapten Inf Bambang Hari M, bersana  7 orang anggotanya, Kapolsek Kencong bersama 5 orang anggotanya, dari Dina Pengairan UPT Kencong 3, Perangkat desa 4 orang dan warga masyarakat80 orang, dengan sasaran membersihkan tumbuhan enceng gondok yang menutup permukaan kali Bondoyudo di Dusun Bulurejo Desa Paseban Kec Kencong,  yang mengancam tersumbatnya aliran air dan meluapnya sungai ke perumahan pernduduk.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode  M Nurdin meniyikapi kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan apresiasinya, upaya-upaya tersebut sebagai bagian dari mitigasi bencana dan mengajak masyarakat agar sadar kebersihan lingkungan, sehingga terhindar dari bahaya bencana alam utamanya banjir yang selalu terjadi seiring dengan datangnya musim penghujan.

Hal tersebut tentunya sebagai bagian dari Kepekaan dan kepedulian  kita aparat kewilayahan Koramil dan Babinsa sebagaiu bagian dari kekuatan TNI,  bersinergi dengan pihak terkait disamping dalam memitigasi bencana, juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih pedulu terhadap lingkungannya, sehingga terhindr dari bencana. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 24

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: